Pekan Ilmiah Teknik Kimia UNPAR Kembali Hadir

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) UNPAR bekerjasama dengan Program Studi Teknik Kimia UNPAR kembali mengadakan acara Pekan Ilmiah Teknik Kimia 2017 pada hari Senin, 20 Februari 2017. Pada tahun ini, acara yang bertajuk Dig Into Science Novelty Expo and Tour (DISCOVER) ini mengambil tema Breakthrough, Renewable, and Sustainable Energy from Waste. Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh semakin menipisnya sumber energi fosil, seperti minyak bumi, sehingga dibutuhkan suatu bahan bakar alternatif sebagai energi berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan DISCOVER 2017 dimulai dengan seminar teknik kimia dengan pembicara Dr. Ir. Asaf K. Sugih. Pada seminar ini, seluruh peserta yang terdiri dari siswa/i SMA dan para guru pendamping dikenalkan mengenai dunia perteknikkimiaan, khususnya program studi teknik kimia di Universitas Katolik Parahyangan. Seminar ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tour lab di mana seluruh peserta berkunjung dan diperkenalkan dengan berbagai laboratorium keahlian yang ada di Prodi Teknik Kimia UNPAR.

Dr. Asaf K. Sugih menjadi pembicara pada Seminar Teknik Kimia DISCOVER 2017
Dr. Asaf K. Sugih menjadi pembicara pada Seminar Teknik Kimia DISCOVER 2017

 

Selain itu, kegiatan science expo-bazaar juga diadakan dengan bekerja sama antara pihak panitia dengan Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan. Pada kegiatan ini, berbagai alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi disajikan kepada seluruh peserta dan pengunjung. Hal ini mampu menarik seluruh pengunjung dan terlihat antusiasme pengunjung dalam mencoba berbagai alat peraga.

Peserta lomba sedang mempresentasikan karya ilmiah mereka.
Peserta lomba sedang mempresentasikan karya ilmiah mereka.

 

Kegiatan lomba karya ilmiah menjadi puncak acara Pekan Ilmiah Teknik Kimia UNPAR 2017. Finalis lomba ini merupakan 10 tim terbaik dari berbagai SMA di Bandung, Palembang, Pontianak, Belitang, dan Jakarta. Pada tahap final kali ini, setiap kelompok mempresentasikan hasil pemikiran mereka dalam bentuk pameran alat peraga/produk yang telah dihasilkan dan bentuk presentasi oral ke dewan juri dan pengunjung acara ini. Hasil penilaian dewan juri memutuskan SMA Kristen Trimulia Bandung keluar sebagai juara. Tim yang terdiri dari Abigail Tsani Darmawan, Martin Adrian, dan Lucky Jonathan Chandra menulis dan mempresentasikan makalah mereka yang berjudul Pembangkit Listrik Hybrid dengan Pemanfaatan Limbah Kabel, Atap Seng, dan Sampah Organik. Juara kedua dan ketiga lomba ini diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang dan SMA Santo Paulus Pontianak, sedangkan juara favorit diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang.

Kelompok dari SMA Kristen Trimulia Bandung keluar sebagai juara pada lomba karya ilmiah tahun ini
Kelompok dari SMA Kristen Trimulia Bandung keluar sebagai juara pada lomba karya ilmiah tahun ini

 

Di akhir acara, Ratna Frida Susanti, Ph.D., Ketua Program Studi Teknik Kimia UNPAR, menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya atas antusiasme seluruh peserta, panitia, dan sponsor yang telah mendukung keberlangsungan acara Pekan Ilmiah Teknik Kimia tahun ini. Semoga semangat dan antusiasme dari seluruh pihak dapat membawa manfaat bagi masyarakat luas.