Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR Raih Akreditasi Internasional IABEE: Jaminan Mutu Pendidikan Bertaraf Internasional

Program Studi (Prodi) Sarjana Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berhasil memperoleh status akreditasi internasional (general accreditation) dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) di mana sebelumnya, prodi tersebut memperoleh akreditasi Unggul dari BAN-PT pada tahun 2020. Penetapan ini didasarkan pada sertifikat akreditasi No. 00132.A yang diumumkan oleh IABEE pada awal Maret 2023. Raihan ini merupakan suatu prestasi mengingat Prodi Sarjana Teknik Kimia UNPAR merupakan prodi teknik kimia PTS pertama yang memperoleh status akreditasi tersebut di Jawa Barat-Banten, dan PTS kedua di Indonesia yang meraih predikat tersebut.

IABEE merupakan lembaga akreditasi internasional non-profit yang dikelola di bawah Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang bertujuan menjamin pelaksanaan pendidikan tinggi keteknikan di Indonesia dengan standar internasional. IABEE sendiri telah memperoleh status signatory member Washington Accord pada tahun 2022. Washington Accord merupakan konvensi internasional lembaga-lembaga penyelenggara akreditasi yang menjamin rekognisi bersama program yang terakreditasi. Status akreditasi IABEE ini menunjukkan bahwa Prodi Sarjana Teknik Kimia UNPAR telah menjalankan program pembelajaran berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education – OBE), dengan memperhatikan aspek keselamatan (safety) dan menjalankan penjaminan mutu yang berjalan dengan semangat perbaikan berkelanjutan. 

Untuk memperoleh akreditasi tersebut, Prodi Sarjana Teknik Kimia UNPAR berproses dan bertransformasi sejak tahun 2016, yang diawali dengan penyusunan kurikulum 2018 berbasis OBE. Di saat yang sama, peningkatan aspek keselamatan kerja baik dalam pembelajaran di kelas ataupun juga saat bekerja di laboratorium juga terus dilakukan. Selain itu, seluruh aspek pendukung pembelajaran baik dari sisi sarana prasarana, sumber daya manusia (dosen, tenaga kependidikan), terus menerus ditingkatkan. Selain itu, kerja sama yang erat dengan industri sebagai pengguna lulusan juga terwujud dengan adanya tim industrial advisory board yang merupakan individu-individu profesional teknik kimia dari berbagai industri, seperti PT. Pertamina Hulu Rokan, PT. Ferron Par Pharmaceuticals, PT. Enerco RPO Internasional, PT.Lautan Luas Tbk., PT. Ecogreen Oleochemicals, dan PT. Nutrifood Indonesia. Industrial adivosry board secara rutin memberikan masukan terhadap kurikulum, proses pembelajaran, dan konten perkuliahan sehingga pembelajaran yang dilakukan di Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR menjadi relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Di sisi lain, masukan dari alumni yang telah bekerja dan tersebar baik di dalam maupun luar negeri menjadi poin penting yang terus menerus diperhatikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di UNPAR.

Dr. Ir. Tedi Hudaya, S.T., M.Eng.Sc. selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia UNPAR dan ketua tim akreditasi IABEE menyampaikan pencapaian akreditasi IABEE ini merupakan salah satu bukti komitmen Jurusan dan Program Studi Sarjana Teknik Kimia, serta UNPAR, untuk terus menyelenggarakan pendidikan teknik kimia yang berkualitas di Indonesia. “Selain itu perolehan akreditasi ini juga menjadi jaminan, bahwa Jurusan Teknik Kimia UNPAR senantiasa memperhatikan aspek perbaikan berkelanjutan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran melalui mekanisme plan – do – check – act” ungkap Tedi. “Kami mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan seluruh pihak internal UNPAR, rektorat, dekanat FTI, dosen, mahasiswa, tim industrial advisory board, dan alumni yang mendukung perolehan akreditasi ini,” lanjutnya.

Dilansir dari laman IABEE, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi lulusan, industri/ perusahaan/ lembaga pemerintahan pengguna lulusan, dan juga bagi calon mahasiswa. Bagi lulusan dari program studi yang telah terakreditasi oleh IABEE, lulusan tersebut memiliki peluang karir untuk bergabung dan berkiprah secara profesional sebagai insinyur global. Bagi pengguna lulusan, akreditasi IABEE memberikan jaminan terhadap lulusan yang direkrut merupakan tenaga profesional yang mampu berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan ataupun lembaga di tingkat dunia. Selain itu, lulusan dari program studi yang terakreditasi IABEE juga disiapkan untuk dapat terus beradaptasi dan berkembang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi terkini. Berbagai hal tersebut menjadi jaminan bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk menuntut ilmu dan menjadi seorang sarjana teknik kimia yang berkompetensi global dan dapat berkiprah di tataran internasional. (HK)

X