Kegiatan Bina Desa Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNPAR

Pada tanggal 25 Oktober 2015 yang lalu, HMPSTK UNPAR mengadakan kegiatan Bina Desa (Bindes) di Desa Cukang Genteng, Ciwidey, Kabupaten Bandung, sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilakukan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah dimulai pada tahun 2014 yang lalu. Kegiatan Bindes kali ini bertujuan untuk menyediakan air bersih bagi warga di sekitar Kantor Kepala Desa. Sumber air yang digunakan oleh warga Desa Cukanggenteng berasal dari Sumur-sumur dangkal yang telah dibuat di hampir setiap RW oleh Pemerintah Desa Cukanggenteng, akan tetapi dengan adanya musim kemarau yang panjang megakibatkan ketersediaan air bersih tersebut berkurang sehingga sebagian warga masyarakat menggunakan air sungai yang mengalir melewati desa, dan ditampung di dalam balong/empang sebelum dipompa ke penampungan air yang dialirkan ke keran-keran air sebagaimana yang dilakukan di kantor kepala desa Cukanggenteng. Dapat diduga bahwa air tersebut memiliki kadar pengotor yang cukup tinggi, sehingga secara visual dapat dilihat berwarna keruh kecoklatan, dengan kandungan senyawa organik yang relatif tinggi.

Bekerja sama dengan Prodi TK UNPAR, para mahasiswa berusaha mencari solusi yang mudah, murah, dan sederhana, sehingga masyarakat dapat mengoperasikan, merawat, dan menduplikasi teknologi yang digunakan. Teknologi penyaringan bertahap dengan ijuk, kerikil, pasir aktif, karbon aktif, dan busa telah berhasil diterapkan dan menghasilkan air keluaran yang bersih, sehingga dapat digunakan untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK).

Instalasi Penyaringan Sederhana yang dipasang oleh mahasiswa

Kegiatan ini dapat diapresiasi dan diterima dengan baik oleh Aparat Desa dan warga sekitar. Pada kesempatan ini pula, Pak Kades berpesan supaya para mahasiswa tidak hanya mengejar nilai di bangku perkuliahan, akan tetapi juga mengejar nilai-nilai kehidupan, yang salah satunya diwujudkan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Semoga ke depannya kegiatan serupa dapat terus berlangsung, sehingga ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan kehadiran UNPAR dapat dirasa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

X