DISCOVER 2018: Sebuah Inovasi Produk Pangan berbasis Teknologi untuk Menjaga Ketahanan Pangan Indonesia

 

Pada tanggal 12 Februari 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bekerja sama dengan Program Studi Teknik Kimia UNPAR mengadakan acara tahunan DISCOVER (Dig Into Science Novelty Expo and Tour) 2018. Acara ini merupakan program tahunan yang bertujuan untuk menarik minat siswa/i SMA tentang bidang keilmuan teknik kimia dan mengenalkan Jurusan Teknik Kimia UNPAR kepada siswa/i SMA tersebut.

Tema acara yang diangkat tahun ini adalah “Produk Pangan dari Bahan Alam Indonesia”. Pada tahun ini, peserta lomba diadu keterampilan, kreativitas, dan pengetahuan para siswa/i SMA dari berbagai SMA di seluruh Indonesia, seperti dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Palembang, Pontianak untuk membuat produk pangan dari bahan alam Indonesia. Setelah melewati beberapa tahapan perlombaan, dewan juri memutuskan beberapa pemenang sebagai berikut:

  • Juara I: SMAK Trimulia Bandung (dengan judul makalah: Templok sebagai produk pangan protein dari limbah biji mangga);
  • Juara II: SMA Plus Pembangunan Jaya Tangerang (KIMMIE – Kimpul Mie: An innovation for food security);
  • Juara III: SMA Santa Ursula Jakarta (Tepung dari bahan baku lokal sebagai alternatif tepung terigu);
  • Juara favorit: SMAK 1 BPK Penabur Bandung (Pemanfaatan limbah ragam kulit jeruk (Citrus sp.) sebagai sumber pektin dalam pembuatan permen jeli berbahan dasar ubi jalar (Ipomea batatas)).

Selain mengadakan lomba pembuatan produk pangan, acara ini juga dirangkai dengan beberapa kegiatan lain, seperti tour lab, science expo-bazaar.