Seminar Keprofesian Teknik Kimia 2017

Pada tanggal 23 September 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) mengadakan Seminar Keprofesian Teknik Kimia 2017 dengan tema “Know your major, know your future”. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan keilmuan Teknik Kimia, serta peluang kerja (profesi) sarjana Teknik Kimia terutama bagi mahasiswa baru angkatan 2017. Rangkaian kegiatan seminar ini terdiri dari 2 sesi utama, yaitu kuliah umum dan talk show.

Kegiatan dibuka dengan sesi kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Ing. Ir. Danu Ariono,DEA (Teknik Kimia ITB) mengenai bidang ilmu Teknik Kimia. Dalam pemaparannya, Dr. Danu Ariono menyampaikan bahwa ilmu Teknik Kimia merupakan ilmu yang mengolah (memproses) bahan baku menjadi produk dengan nilai yang lebih tinggi. Lebih lanjut dijelaskan mengenai berbagai bahan baku sumber daya alam Indonesia, berbagai teknologi proses, dan produk yang dapat dihasilkan, kemudian dikaitkan dengan ilmu-ilmu yang akan dipelajari selama berkuliah di Teknik Kimia.

Sesi kedua diisi dengan sharing dan talk show dari berbagai narasumber, yaitu Ir. Abdul Wahab (CV Anugerah Karya Insani), Ir. Andreas Deny (Process Engineering Lead, PT Pertamina Hulu Energi), Mitra Aviani, STP, MT (Peneliti Pertama PJU Pemasaran Teknologi, LEMIGAS), dan Aditiyo Ramadhan, ST (Piping and Process Engineer, WILMAR Group), yang dimoderatori Jenny N M Soetedjo, ST, MSc (Teknik Kimia UNPAR). Para narasumber memaparkan berbagai hal (suka duka, pengalaman kerja, motivasi, dll.) terkait profesinya masing-masing.

Semoga ilmu dan wawasan yang didapat oleh seluruh peserta dapat menjadi bekal berharga dalam menempuh pendidikan di Teknik Kimia UNPAR.

Sesi talk show Seminar Keprofesian Teknik Kimia 2017 (dari kiri ke kanan: Aditiyo Ramadhan, ST (Piping and Process Engineer, WILMAR Group), Ir. Andreas Deny (Process Engineering Lead, PT Pertamina Hulu Energi), Mitra Aviani, STP, MT (Peneliti Pertama PJU Pemasaran Teknologi, LEMIGAS), Ir. Abdul Wahab (CV Anugerah Karya Insani), dan Jenny N M Soetedjo, ST, MSc.)