Seminar Keprofesian 2018: Peranan Lulusan Teknik Kimia dalam Dunia Kerja

Pada Sabtu, 22 September 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali mengadakan acara Seminar Keprofesian. Tema dari Seminar Keprofesian (SEMKEPROF) kali ini yaitu “Peranan Lulusan Teknik Kimia dalam Dunia Kerja dan Perkembangannya”.  Dalam acara SEMKEPROF, narasumber menjelaskan apa itu ilmu Teknik Kimia serta bagaimana prospek kerja dari lulusan teknik kimia.

Narasumber yang diundang merupakan beberapa profesional di bidang per-teknik kimia-an. “Pembicara yang kita undang memiliki pekerjaan yang bervariasi, seperti process engineer lalu ada yang bergerak di bidang pengolahan limbah, key accounting, dosen, serta asisten marketing manager. Sedangkan moderator SEMKEPROF sendiri merupakan alumni Teknik Kimia UNPAR dari angkatan 2011. Seminar Keprofesian dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama diisi oleh Ir. Rufiani Setiawan selaku kepala tim AMDAL, kemudian dilanjutkan oleh Ir. Boi Sormin sebagai senior process engineer. Kedua pembicara tersebut menjelaskan tentang teknik kimia itu sendiri beserta pekerjaan yang mereka lakukan.” jelas Farren Gunadjaja, sebagai Ketua Pelaksana Seminar Keprofesian 2018.

Moderator SEMKEPROF kali ini yaitu Stephen Reinaldo Tunardi, S.T., M.B.A., merupakan lulusan Teknik Kimia Unpar angkatan 2011 dan sedang melanjutkan studi di magister Teknik Kimia di UNPAR. Sesi kedua diisi oleh para alumni Teknik Kimia UNPAR, yaitu Erlina Luzuarti, S.T., key account manager di PT. KAO, Andy Chandra, S.T. M.M., M.T., dosen UNPAR, serta Idris Marsudhy, S.T., M.M. sebagai marketing manager. Pada sesi kedua, para narasumber berbagi cerita mengenai pengalaman mereka baik selama menempuh pendidikan di Teknik Kimia UNPAR, kegiatan setelah lulus, serta pengalaman saat memasuki dunia pekerjaan. “Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Sarjana Teknik Kimia tidak selalu serta merta berkaitan dengan Teknik Kimia,” jelas Ibu Erlina. Bapak Idris menambahkan, “Ranah pekerjaan yang dapat diambil oleh seorang Sarjana Teknik Kimia sangat luas dan dapat di berbagai macam bidang.”

Jumlah peserta Seminar Keprofesian 2018 sebanyak 108 orang yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Sasaran utama dari SEMKEPROF memberikan gambaran mengenai teknik kimia dan peluang pekerjaan yang dapat dilakukan. Selain itu, acara ini diharapkan dapat memberikan motivasi selama menjalankan kegiatan perkuliahan di Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR.

.