Bedah Buku: Alat dan Mesin dalam Sistem Rantai Pangan dan Ceramah Ilmiah: Transfer Teknologi Vertikal ke Industri Inokulum Rhizopus sp.

Pada tanggal 4 Maret 2019 diadakan kegiatan bedah buku: Alat dan Mesin dalam Sistem Rantai Pangan dan ceramah ilmiah: Transfer Teknologi Vertikal ke Industri Inokulum Rhizopus sp. yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ign. Suharto, A.P.U. dengan moderator Ir. Yos Tri Atmodjo, M.M.. Kegiatan ini merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Teknologi Industri ke-26, serta merayakan ulang tahun Prof. Suharto yang ke-82. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Thedy Yogasara, Dekan FTI, Mangadar Situmorang, Ph.D., Rektor UNPAR, dan Drs. Johanes Bambang Hardiono, Ak., M.M., perwakilan dari Yayasan UNPAR. Acara dibagi ke dalam dua sesi, yaitu bedah buku dan ceramah ilmiah.

Prof Harto dan buku-buku yang sudah dipublikasikan

Buku “Alat dan Mesin dalam Sistem Rantai Pangan” merupakan buku ke-14 yang ditulis oleh Prof Suharto. Buki ini merupakan buku ajar yang ditujukan bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Disampaikan di dalam buku tersebut berbagai sudut pandang mengenai teknologi aplikatif yang dapat digunakan dalam pengolahan pangan. Secara mendetail disampaikan alat dan mesin pangan yang digunakan mulai dari pemanenan, pembersihan, penyimpangan, pengawetan dan pengolahan produk sampai siap jual di masyarakat.

Ceramah ilmiah yang disampaikan menceritakan perjalanan hasil penelitian inokulum Rhizopus sp. yang dimulai sejak tahun 1970-an akhir dan selesai di awal tahun 2000-an. Hasil penelitian tersebut kemudian dilanjutkan melalui suatu proses transfer teknologi secara vertikal, yaitu penerapan teknologi dari skala penelitian sampai skala industri. Hadir pula Bpk Arifin dari PT Aneka Fermentasi Indonesia yang menceritakan proses scale up dari awalnya produksi ragi 30kg per bulan pada 1996, sampai 200ton per bulan saat ini. Kapasitas produksi yang cukup besar berhasil mensuplai sekitar 80% kebutuhan ragi tempe.

Semoga buku yang ditulis menjadi sarana bagi mahasiswa dan masyarakat secara umum untuk membuka wawasan dan menambah pengetahuan mengenai berbagai teknologi tepat guna dalam pengolahan pangan.