Webinar Chemical Engineering’s Festival 2021: Menambah Pengetahuan di Bidang Food and Beverage

Pada Sabtu (21/8/2021), Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (HMPSTK UNPAR) mengadakan Webinar Chemical Engineering’s Festival 2021 secara daring. Kegiatan tahunan kali ini mengangkat tema Food and Beverage dengan tajuk “DELISH (Deepen Entrepreneurial Skills Through Food and Beverage Business)”. Sektor Food and Beverage dipilih karena merupakan salah sektor yang tetap naik di masa pandemi COVID-19. Mengacu kepada Kementerian Perindustrian mencatat bahwa kinerja industri Food and beverage masih mampu tumbuh positif sebesar 1,58% pada tahun 2020.”

Kegiatan ini mengundang Sylvia Surya selaku co-founder Kopisoe dan Menantea dan Prima Hayuningputri selaku co-owner dan commercial director Mad Bagel. Di sesi pertama, Sylvia menjelaskan cara mempertahankan dan mengembangkan bisnis baru di bidang Food and Beverage. Beliau juga memberikan tips and tricks bahwa dalam bisnis Food and Beverage harus memiliki inovasi, kolaborasi, adaptasi, memanfaatkan media digital untuk research, dan memperbaiki mindset untuk mencari inovasi yang baru. 

Prima Hayuningputri melanjutkan di sesi kedua dengan membahas cara merintis bisnis baru di bidang Food and Beverage agar dapat bersaing di dunia kerja. “You Can Always Start Small,” ungkap Putri sapaannya, mengajarkan bahwa di dalam dunia Food and Beverage harus fokus dengan satu langkah maju untuk mencapai kepercayaan diri. Cara pembawaan kedua pembicara yang sangat komunikatif dan interaktif membuat acara yang berlangsung selama 4 jam tersebut berhasil membuat peserta webinar tetap memberikan perhatian penuh dan aktif bertanya. Keaktifan peserta juga dapat terlihat ketika sesi kuis interaktif di mana peserta sangat antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyan yang diberikan dalam games kahoot.

Acara ini diikuti oleh 208 peserta dari berbagai instansi di Indonesia. Diharapkan Webinar Chemical Engineering’s Festival 2021 dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk menimbah ilmu, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, dan mengaplikasikannya di masa yang akan datang agar berhasil menjadi seorang wirausahawan. (Felicia; JNS-ed.)