Testimoni Alumni: Michael Gunawan

Saat lulus SMA, saya meyakini bahwa berkarir di bidang ilmu Teknik Kimia memiliki masa depan yang cerah. Sepanjang hidup manusia, baik disadari maupun tidak, manusia membutuhkan bahan-bahan kimia. Maka dari itu, akan selalu ada peluang karir untuk lulusan Teknik Kimia, mulai dari bahan kimia dasar (pupuk, petrokimia, minyak bumi) hingga fine chemical (katoda baterai, katalis, semikonduktor). Hal ini yang membuat saya tertarik untuk bergabung menjadi mahasiswa Teknik Kimia UNPAR. 

Bergabung di Teknik Kimia UNPAR memberikan kepada saya pelajaran untuk hidup. Bukan hanya ilmu pengetahuan, namun juga keterampilan yang dibutuhkan untuk berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, seperti berpikir kritis dan analitis, cepat dalam mengambil keputusan, dan juga cara memimpin sebuah tim. Hal tersebut saya dapatkan melalui berbagai kegiatan seperti kepanitiaan, menjadi asisten laboratorium, penelitian, kegiatan eksperimen dalam laboratorium, dan lain sebagainya. 

Kompetensi tersebut menjadi bekal saya untuk berkarya dalam perusahaan-perusahaan berkelas dunia, seperti BASF (perusahaan kimia terbesar di dunia) dan juga MBCC Group. Selain keterampilan tersebut, dalam hal akademik TK UNPAR juga memberikan persiapan yang sangat baik untuk saya sehingga saya bisa diterima sebagai kandidat doktor (S3) di The University of New South Wales, Australia, dengan beasiswa penuh (uang sekolah dan biaya hidup).

Michael Gunawan (Angkatan 2014)
BASF – Graduate Trainee (2018-2020)
MBCC Group – Special Project Coordinator (2020 – 2022)
The University of New South Wales Australia – PhD Candidate

X