Studi Pabrik Angkatan 2018: Kunjungan ke PT Lautan Natural Krimerindo, PT Bina Sarana Putra, PT Timuraya Tunggal

Studi Pabrik (STUPA) angkatan 2018 diadakan pada Jumat (3/9/2021) hingga Sabtu (4/9/2021) oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (HMPSTK UNPAR) secara daring. Acara diawali dengan sambutan dari pihak UNPAR oleh Dr. Jenny Novianti M. Soetedjo, S.T., M.Sc. dengan harapan studi pabrik ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2018 menuju dunia kerja.

PT Lautan Natural Krimerindo

Pada Jumat (3/9/2021), PT Lautan Natural Krimerindo (PT LNK) memulai materi dengan pemutaran video company profile dan penjelasan singkat mengenai proses produksi dan packaging krimer nabati FiberCreme. Proses produksi krimer nabati FiberCreme terdiri dari tiga tahap utama yaitu wet process (glucose system, mixing system, dan sealing and heating system), dry process atau feed process (di dalam drying chamber untuk dilakukan proses spray dan evaporasi pada tekanan 200 bar dan temperatur 121°C), dan pengemasan (pengisian produk ke dalam kemasan, sealing, pengecekan berat kemasan, pemberian label dan printing, dan palletizer). Beberapa penjelasan singkat lainnya mengenai utilitas (Wastewater Treatment Plant) secara aerobik, product knowledge FiberCreme, Quality Assurance (QA), dan media(branding social media dan proses produksi konten) dibawakan oleh Maulana Iskandar, Zefanya Pricilia, Iwan Kristiono, Ares Chandra, dan Wahyu Diarto. Selanjutnya diadakan sesi games melalui Kahoot! serta sesi tanya jawab. Kegiatan pada hari itu diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama.

PT Bina Sarana Putra

Pada Sabtu (4/9/2021), mahasiswa memulai kegiatan studi pabrik dengan mendengarkan webinar dari PT Bina Sarana Putra (PT BSP). Ir. Yos Tri Atmodjo M.M. sebagai perwakilan dari pihak UNPAR memberikan sambutan di awal dan dilanjutkan dengan sambutan dari PT BSP oleh Arie Andrianus selaku project head PT BSP. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai EPC Project Experience yang sedang dan telah dilakukan di Indonesia seperti projek gas turbin di Jambi dan Kalimantan Timur. Penjelasan tersebut membahas natural gas processing project yang terdiri dari project background, gas treatment technology, gas processing package, design basis, amine sweetening process, glycol dehydration process, dan heat medium process. Kegiatan studi pabrik PT BSP ditutup dengan sesi games Kahoot!, sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat kepada Arie oleh Yos Triatmodjo, dan foto bersama.

PT Timuraya Tunggal

Kegiatan di hari Sabtu dilanjutkan oleh PT Timuraya Tunggal yang diawali dengan sambutan dari Tedi Hudaya, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku dosen pembimbing dari UNPAR dan dari Hans Tjahjadi Wirawan selaku General Manager Operation PT Timuraya Tunggal. PT Timuraya Tunggal menjelaskan mengenai company profile PT Timuraya Tunggal dan penjelasan proses industri sulfonic acid dan aluminium sulphate oleh Hans Tjahjadi Wirawan, Agus M. Siburian, R. Andriyanto Syah, dan Miftahul Hadi. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, foto bersama, dan penyerahan sertifikat kepada Hans oleh Tedi. (Khemiko, ed-JNS, ARA)