Perta Arun Gas Adakan Kerja Praktek Virtual

Sumber foto: https://www.pertamina.com/id/news-room/energia-news/perta-arun-gas-adakan-kerja-praktek-virtual

JAKARTA – Perta Arun Gas (PAG) melaksanakan Kick Off Kerja Praktek Virtual untuk mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Parahyangan. Sebanyak delapan mahasiswa mengikuti pelaksanaan Kerja Praktek Virtual tersebut yang dibagi menjadi tiga kelompok pada Kamis, 4 Maret 2021.

VP Corporate Strategic Planning and Business Development Surkani Manan menjelaskan bahwa di masa pandemi yang masih berlangsung ini, PAG tetap berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan penguasaan ilmu dan teknologi untuk pengaplikasiannya di dunia kerja industri secara virtual.

“Pelaksanaan kerja praktek secara virtual ini tentunya akan memberikan tantangan tersendiri, di mana biasanya mahasiswa dapat mengunjungi dan melihat secara langsung proses di plant site. Namun dalam kondisi saat ini, harus terbatas hanya secara virtual sehingga tim dari PAG site akan memberikan best effort bagaimana nantinya materi-materi yang disiapkan dapat divisualisasikan dengan baik sehingga bisa tersampaikan kepada mahasiswa tanpa harus melakukan kunjungan langsung ke plant site,” ujar Surkani. 

Sementara itu, Koordinator Kerja Praktek Jurusan Teknik Kimia Universitas Parahyangan Putri Ramadhany mengatakan bahwa kondisi pandemi saat ini juga memberikan tantangan bagi pihak universitas dimana beberapa mahasiswa kesulitan untuk mendapatkan perusahaan sebagai tempat untuk melaksanakan kerja praktek yang mengakibatkan mundurnya target penyelesaian mata kuliah tersebut.

“Dimulainya Kerja Praktek Virtual hari ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak PAG karena telah menerima mahasiswa kami untuk melakukan kerja praktek dimana pada beberapa perusahaan mahasiswa kami harus menunggu untuk periode yang cukup lama bahkan ada yang ditolak,” kata Putri.

Kegiatan Kerja Praktek Virtual dibagi menjadi tujuh sesi, dimana masing-masing sesi menjelaskan secara umum terkait Profil Perusahaan, Proses bisnis, Uraian Proses, Utilitas, Permasalah Operasi, Pengolahan Limbah, Keselamatan Kerja hingga aktivitas wisata daring lapangan dengan real to scene ke model kilang fisik baik berupa video maupun dokumentasi lainnya.

Ke depannya PAG akan membuka peluang bagi perguruan tinggi lainnya untuk dapat melaksanakan kerja praktek di PAG dengan mempertimbangkan agenda dan workload dari perusahaan. *PAG/HM

Sumber artikel dan foto:
https://www.pertamina.com/id/news-room/energia-news/perta-arun-gas-adakan-kerja-praktek-virtual.