Perjalanan Rehan Gunawan, Alumni Teknik Kimia UNPAR 2018, ke UNSW untuk Studi S3

Penulis: Ferlita Agnes Prasnasheilla
— 14 Maret 2024

Rehan Gunawan, alumni Teknik Kimia UNPAR angkatan 2018, memulai perjalanan pendidikan lanjutan dengan tekad kuat. Motivasi utamanya untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di luar negeri adalah untuk mengakses peluang lebih luas, baik dalam karir maupun pengalaman pribadi. Ia percaya bahwa belajar di luar negeri, khususnya di Australia, memberikan keseimbangan kehidupan yang lebih baik dan memperluas wawasan dengan bertemu orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Keputusan Rehan untuk memilih UNSW di antara banyak pilihan universitas didasarkan pada pertimbangan yang matang. Program PhD di UNSW, yang sesuai dengan minatnya, membuatnya memilih universitas ini, terlepas dari opsi lain seperti Tianjin, Cina. Kesesuaian bahasa Inggris dengan kebutuhannya juga memainkan peran penting dalam keputusannya.

Rehan berhasil meraih beasiswa fully funded, memberinya dorongan ekstra untuk mengejar impian akademisnya. Dukungan finansial ini memungkinkannya untuk fokus sepenuhnya pada studi dan riset tanpa beban keuangan yang berlebihan. Persiapan Rehan sebelum memulai studi S2 dan S3 melibatkan pengembangan keterampilan analisis dan riset, meskipun tidak memiliki latar belakang keluarga yang melanjutkan studi hingga tingkat PhD, Rehan memiliki tekad yang kuat untuk meniti jalannya sendiri dalam dunia akademis.

Dengan pandangan ke depan, Rehan bercita-cita turut berkontribusi dalam pengembangan industri energi, terutama melalui riset di bidang fotokatalisis untuk produksi hidrogen. Tujuannya adalah memberikan dampak positif yang signifikan dalam menggantikan energi fosil di masa mendatang. Rencananya setelah menyelesaikan studi di UNSW adalah memilih jalur industri, mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya dalam R&D industri energi untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan. 

X