Perjalanan Michael Limnanta, Alumni Teknik Kimia UNPAR 2018, ke UNSW untuk Studi S2

Michael Limnanta, lulusan Teknik Kimia UNPAR angkatan 2018, telah memulai perjalanan menariknya ke tingkat pendidikan selanjutnya. Menyadari bahwa ilmu yang diperolehnya selama studi S1 di bidang teknik kimia dan industri energi belum cukup untuk bersaing di dunia kerja, Michael memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2. Motivasi ini didorong oleh keinginan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan luas di bidangnya. Selain itu, rasa ingin tahu dan kepenasaran untuk belajar di luar negeri mendorongnya untuk menjelajahi peluang pendidikan di UNSW Australia.

Keputusan Michael memilih UNSW didorong oleh pertimbangan kualitas dan lokasi yang strategis. Awalnya berencana studi di Taiwan, namun setelah tidak diterima, Michael beralih ke UNSW, dekat dengan Indonesia dan terhubung dengan banyak lulusan UNSW di antara kerabat dan dosen S1-nya. Pilihan ini memberinya pemahaman mendalam tentang kualitas pendidikan di universitas tersebut. Michael berhasil meraih Beasiswa LPDP Regular Parsial, opsi ini memberinya dukungan finansial dalam mewujudkan impian studi S2-nya, meski bersaing ketat. Program beasiswa ini mencakup opsi untuk biaya pendidikan dan pendukung seperti seminar internasional. Jenis beasiswa ini memberinya opsi untuk mendukung biaya pendidikan atau bantuan biaya pendukung, seperti seminar internasional. Michael memilih program beasiswa ini sebagai langkah awal dalam mewujudkan impian studi S2-nya

Sebelum memasuki dunia studi S2, Michael memberikan pandangan tentang persiapan yang diperlukan. Skill dasar engineering dan kemampuan komunikasi menjadi kunci sukses, sementara kemampuan riset dan analisis sangat penting terutama untuk jurusan di bidang Science dan Engineering. Membaca tentang isu terkini dalam bidangnya juga menjadi bagian integral dari persiapan. Pilihan antara langsung bekerja atau melanjutkan S2 menjadi keputusan personal bagi Michael, tergantung pada minat dan tujuan masing-masing individu.Pengalaman bekerja di industri sebelumnya dapat memberikan perspektif berharga, sementara melanjutkan ke S2 dapat membuka pintu pembelajaran yang lebih dalam.

Selama masa studi, Michael memiliki rencana jangka panjang yang matang. Ia ingin mengembangkan risetnya tentang karbon aktif untuk bahan superkapasitor. Setelah lulus, impian Michael adalah melakukan internship di bidang kendaraan listrik atau energi sebelum kembali ke Indonesia. Di sini, ia berharap dapat menerapkan ilmunya untuk mengembangkan industri energi, terutama dengan memantau perkembangan industri di Tanah Air. Kisah perjalanan Michael Limnanta menjadi inspirasi bagi mahasiswa Teknik Kimia UNPAR dan pembaca yang bermimpi melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Artikel ini mencerminkan tekadnya untuk meniti puncak ilmu dan berkontribusi pada pengembangan industri energi di Indonesia. (Ferlita Agnes)

X