Pelepasan Wisuda TK UNPAR: Nawasena – Awal dari masa depan yang cerah

Penulis: Irena Aurelia
— 3 Juni 2024

Kamis (16/05/24), Jurusan Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (TK UNPAR) mengadakan kegiatan Pelepasan Wisuda 1 yang bertempatkan di gedung PPAG Ruang AG2.2A.03.03-04. Teknik Kimia UNPAR berhasil meluluskan sejumlah 23 orang sarjana. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pihak yang berperan penting dalam Jurusan Teknik Kimia, di antaranya Ir. Ariestya Arlene Arbita, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Sarjana Teknik Kimia, dan Jonathan Oktavianus Febrianto selaku Ketua HMPSTK 2024. Pelepasan Wisuda kali ini bertemakan “Nawasena” yang berarti awal dari masa depan yang cerah. Hal ini mengingatkan perjuangan wisudawan/wati terutama semasa menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Kimia UNPAR. Di awal acara, Jonathan, Evelin selaku ketua pelaksana Pelepasan Wisuda I, dan Vincent sebagai wisudawan terbaik, turut serta memberikan kata sambutan berupa apresiasi dan kata-kata motivasi untuk menjalankan kehidupan baru di luar UNPAR. Tak berhenti di situ, perwakilan dari angkatan 21, 22, dan 23 pun turut memberikan apresiasi kepada wisudawan/wati dalam bentuk video.

Setelah itu, Prilly Yapply sebagai perwakilan dari wisudawan/wati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para dosen pengajar karena telah mengajarkan arti kesuksesan yang sejati. Dari sekian banyak rangkaian kata terdapat satu kalimat yang sangat menyentuh, “Kesuksesan tidak hanya sebatas angka, tetapi juga sikap integritas dalam diri”. Mereka mengakui bahwa keberhasilan yang mereka miliki tidak terlepas dari jasa para dosen pengajar. Suasana yang semula ceria, kini beralih menjadi penuh haru.

Kini, sampailah pada momen yang paling ditunggu-tunggu yakni penyerahan plakat oleh ketua program studi Teknik Kimia, Ir. Ariestya Arlene Arbita, S.T., M.T., Ph.D., kepada wisudawan/wati. Ketika menerima plakat yang bertuliskan nama mereka, terlukis senyuman indah dan perasaan bangga atas pencapaiannya hingga saat ini.

Acara berlanjut dengan sesi penampilan yang memukau dari angkatan 20, 21, dan 23, terlebih pada saat Regina selaku perwakilan dari angkatan 23 membawakan lagu “Sampai Jumpa” diikuti dengan pemberian bunga kepada wisudawan/wati sebagai bentuk apresiasi sekaligus kenang-kenangan. Selain itu acara turut dimeriahkan dengan adanya tiga games seru. Games pertama “Ganjil-Genap”, permainan ini melibatkan dua tim yang membutuhkan dua orang setiap timnya. Setiap tim berdiri saling berhadapan dengan posisi seolah-olah hendak berjabat tangan. Kemampuan berpikir dan konsentrasi tinggi menjadi kunci keberhasilan. Games kedua “Eat Bulaga”, permainan ini melibatkan dua orang yang mana harus menebak kata sebanyak-banyaknya dengan tepat dan benar. Games ketiga “Password Challenge”, kemampuan berpikir efektif dan sistematis menjadi kunci dari permainan ini. Salah satu dari tim harus memberikan satu kata kunci yang nantinya wajib ditebak oleh teman satu timnya. Acara ini diikuti dengan penuh canda tawa sekaligus sukacita merayakan hari istimewa mereka.

Acara Pelepasan Wisuda I diakhiri dengan menyanyikan Mars Teknik Kimia oleh seluruh wisudawan/wati beserta seluruh panitia yang ada. Tak lupa pula melakukan foto bersama untuk mengabadikan momen berharga yang akan selalu dikenang. Selamat kepada seluruh wisudawan/wati atas pencapaian luar biasa yang telah kalian raih. Momen ini bukan hanya sebuah tanda bahwa kalian telah menyelesaikan pendidikan di universitas, tetapi juga sebuah langkah awal menuju perjalanan baru yang penuh dengan tantangan dan kesempatan.

X