Partisipasi Falencia Suryanti dalam Nutrifood Leadership Awards: Meningkatkan Relasi dan Pengalaman

Teknik Kimia UNPAR mengumumkan dengan bangga partisipasi Falencia Suryanti (angkatan 2019), salah satu lulusan terbaru, dalam Nutrifood Leadership Awards. Keputusan ini menunjukkan komitmen Falencia untuk memanfaatkan periode “breaktime” pasca-kuliah dengan memperluas wawasan dan relasi di dunia Teknik Kimia. Falencia, saat ini memasuki masa hiatus setelah menyelesaikan studi, memandang penting untuk menghargai waktu yang tersita selama masa studi ketika tinggal jauh dari keluarga. Keikutsertaannya dalam kompetisi ini adalah langkah strategis untuk memperluas relasi sambil memperoleh pengalaman yang berharga. 

Nutrifood Leadership Awards, yang berpusat di Jakarta, mencakup proses seleksi awal dari empat kota besar di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan. Seleksi awal meliputi penyerahan CV, surat motivasi, dan wawancara, dan dari ribuan peserta, hanya 100 kandidat yang berhasil melangkah ke tahap selanjutnya. Tidak hanya melibatkan peserta dari wilayah empat kota utama, kompetisi ini juga menarik minat dan usaha peserta dari luar wilayah tersebut, mencerminkan prestise dan daya tarik dari program ini. Program Nutrifood Leadership Awards, yang telah beroperasi sejak tahun 2006, mengalami jeda selama periode pandemi dan kembali dijalankan pada tahun 2023 dengan konsep yang lebih sederhana namun tetap berfokus pada pengembangan kepemimpinan dan peningkatan kapasitas individu.

Berlangsung selama 2-3 bulan, program ini memulai tahap awal dengan seleksi CV dan seleksi offline, hingga terpilih 20 finalis yang kemudian ditempatkan dalam kelompok-kelompok dengan fokus sektor yang berbeda, termasuk Kesehatan, Pendidikan, Inklusivitas, dan Lingkungan. Setiap tim diberikan mentor yang akan membimbing mereka dalam menjalankan proyek selama satu bulan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi pasca kegiatan. Falencia memilih untuk berfokus pada sektor “Inklusivitas”, dipengaruhi oleh ketertarikan mendalam dan juga mengakui profil mentor sektor tersebut, yang merupakan pendiri dari Indika Energy dan dikenal sebagai pemimpin yang terkemuka dalam komunitas Teknik Kimia.

Partisipasi Falencia dalam program ini telah membawa berbagai manfaat. Selain memperluas jaringan profesional, Falencia juga berhasil memperoleh wawasan baru dan pengalaman praktis yang akan membekali untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Dengan antusiasme, Falencia memberikan saran berharga bagi mahasiswa lain yang ingin mengikuti program serupa: “Ketika ingin berpartisipasi dalam sesuatu, penting untuk memiliki tujuan yang jelas. Jangan hanya mengikuti karena takut ketinggalan, tetapi pilihlah yang dapat mengembangkan diri dan mencapai tujuan akhir yang diinginkan.” (Ferlita Agnes)

X