Mengenal Profesi (Chemical) Business Developer

Sumber Gambar: Freepik

Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Parahyangan membuka program Chemical Business Development (CBD) di bawah program studi sarjana Teknik Kimia mulai tahun akademik 2021-2022. Apakah yang dimaksud dengan chemical business development? Adakah persisnya profesi business developer, khususnya chemical business developer?

APAKAH BUSINESS DEVELOPMENT ?

Menurut Forbes (2012), business development didefinisikan sebagai the creation of long-term value for an organization from customers, markets, and relationships.

Tanggung jawab seorang business developer adalah menciptakan nilai (value) untuk kepentingan jangka panjang bisnis. Bagi perusahaan, value itu tentu termasuk uang, yang merupakan aliran darah untuk pertumbuhan perusahaan. Tapi value itu juga termasuk akses, saluran komunikasi, relasi bisnis, citra/image perusahaan, dan apa saja yang dapat menjadi sarana perusahaan untuk bertumbuh secara terus menerus.

Seorang business developer tidak mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam jangka pendek. Ia merumuskan strategi dan mengeksekusinya untuk pertumbuhan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Ini berarti selalu membuka dan menciptakan peluang supaya value (uang, relasi bisnis, citra perusahaan, dst.) terus bertahan dan berkembang untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan.

Untuk itu, business developer merumuskan strategi untuk mengembangkan ketiga unsur: konsumen (customer), pasar (market) dan relasi bisnis (relationships) untuk menciptakan value bagi jangka panjang bisnis/perusahaan.

Konsumen

Keberadaan dan pertumbuhan konsumen tentu merupakan bukti peningkatan value perusahaan. Penambahan konsumen diharapkan akan menghasilkan lebih banyak penghasilan dan cash perusahaan. Konsumenlah yang membeli produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahan.

Bagaimana strategi supaya produk atau jasa yang ditawarkan dapat dinikmati oleh makin banyak konsumen merupakan salah satu tanggung jawab business developer. Bagaimana produk dan jasa tersebut dapat diketahui calon konsumen? Bagaimana keunggulan produk dan jasa tersebut dibandingkan dengan pesaing dapat diketahui oleh konsumen? 

Berkaitan dengan tanggung jawab pertumbuhan konsumen, business developer harus bekerja sama dengan sales developer. Berbeda dengan business developer dengan tanggung jawab lebih luas, sales developer lebih bertanggung jawab untuk penjualan, kontrak kerjasama, menangani prospek dan mendemontrasikan keunggulan produk. Sales developer fokus untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Pasar dan Relasi Bisnis

Dalam mengembangkan bisnis, perusahaan tentu mempunyai target pasar tertentu. Tapi, pasar itu bersifat dinamik dan tidak stagnan seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan. Business developer memikirkan cara untuk mengembangkan atau menyesuaikan produk dan jasa tersebut untuk menyasar pasar baru.

Dalam pengembangan pasar, perusahaan juga mengembangkan relasi bisnis, baik dengan konsumen, vendor, sponsor, klien, media partners, dan pihak-pihak lain untuk pertumbuhan perusahaan. Relasi bisnis ini didasarkan atas saling percaya timbal balik, saling menghormati dan menghargai untuk tumbuh bersama dalam jangka panjang. Business developer juga bertanggung jawab untuk mengembangkan relasi bisnis ini supaya value perusahaan bertahan dan bahkan bertumbuh secara terus menerus.

TANGGUNG JAWAB (CHEMICAL) BUSINESS DEVELOPER

Berdasarkan paparan tentang business developer di atas dan survei terhadap key responsibilities dan job description pada beberapa lowongan pekerjaan, tanggung jawab utama dari seorang business developer adalah:

  1. Melakukan riset pasar
  2. Menciptakan peluang untuk pelanggan baru
  3. Menjaga relasi dengan pelanggan
  4. Menjalin dan mengembangkan relasi bisnis untuk pertumbuhan perusahaan
  5. Bekerja sama dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar
  6. Menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan
  7. Melakukan riset perkembangan bisnis perusahaan secara berkala
  8. Memahami produk dari perusahaan dan membandingkan dengan kompetitornya
  9. Merumuskan strategi dan posisi bisnis di dalam pasar
  10. Bekerja sama dengan sales untuk meningkatkan penjualan produk

Pada saat makalah ini ditulis (Maret 2021), dua iklan lowongan kerja business developer dalam suatu industri kimia berikut dapat menjadi ilustrasi akan tanggung jawab pekerjaannya.

Iklan pertama ini berasal dari perusahaan kimia berskala global yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara, menegaskan key responsibilities seorang business developer mencakup:

  1. Knowledge of global industry and market trends and how they relate to the landscape and customers in certain geographical area
  2. An ability to converge the market trends with company’s strategic objectives, while bringing in granularity enable operationalization
  3. Engaging with our client base on broad conversations linking in with company’s global strategy
  4. Identifying customer needs and establish target areas for new business and opportunities
  5. Developing and positioning solutions with our clients on identified opportunities prior to tendering and proposal stage, understanding competitiveness pressures, engaging with operations on preparing the right team for end game.
  6. Leading and preparing the proposal, and working through post-submission engagements through to successful contract award
  7. Capture a high percentage of the market share in this sector and geography
  8. Extensive engagement with possible travel across certain geographical area
  9. Build and leverage strong working relationships with key internal and external stakeholders
  10. Be responsible and accountable for health of sales opportunity pipeline

Iklan kedua ini berasal dari perusahaan nasional yang mencari seorang business developer dengan responsibilities sebagai berikut:

  1. Planning and Implementing new market initiatives / strategy in certain Industrial sector (ie. ingredients & Additives Chemical for Food / Personal Care / Home Care)
  2. Researching and contacting potential principals.
  3. Do the market research for the developed products.
  4. Training and helping commercial team members to develop their skill and knowledge.

PROGRAM PENDIDIKAN (CHEMICAL) BUSINESS DEVELOPER

Apakah yang akan ditawarkan dalam program pendidikan (chemical) business development? Mencermati sejumlah lowongan kerja yang mencari business developer, Anda akan menemukan persyaratan pendidikan pelamar harus sesuai dengan bidang industrinya. Misalnya, business developer untuk industri kimia akan membutuhkan sarjana lulusan Teknik Kimia. Latar pendidikan manajemen, seperti lulusan MBA dapat menjadi nilai tambah. Pengalaman kerja (proven track record) di bidang industri sejenis juga menjadi persyaratan pelamar yang dicari perusahaan.

Keseluruhan persyaratan pelamar ini sebenarnya mencerminkan kompetensi yang dibutuhkan bagi seorang business developer. Kompetensi ini dapat diperoleh dasar-dasarnya dari program pendidikan, misalnya melalui mata kuliah, case studies atau pelatihan yang khusus dirancang untuk kompetensi tertentu. Selanjutnya, kompetensi dasar tersebut harus dimahirkan dengan pengalaman dan tantangan kerja di dunia industri. Kompetensi seorang business developer diantaranya mencakup:

  1. Personal management (termasuk motivasi dan disiplin kerja)
  2. Kompetensi manajemen
  3. Kompetensi project management
  4. Kompetensi komunikasi dan negosiasi
  5. Kompetensi marketing
  6. Kompetensi data analysis

APAKAH ANDA TERTARIK?

Jadi, apakah Anda merasa diri cocok/berbakal dan tertarik untuk menjadi business developer di bidang industri kimia? Anda sangat mungkin harus meniti karir profesi dalam salah satu bidang kerja: sales, marketing, product development atau data analysis terlebih dahulu, untuk mendapatkan dasar dan pengalaman sebelum menjadi business developer. Profesi (chemical) business developer akan membuka diri Anda kepada benefits, rewards dan opportunities yang luas, dapat menerobos batas peran sebagai business developer.

Apakah Anda ingin mempunyai dasar-dasar kompetensi sebagai seorang (chemical) business developer?  Jurusan Teknik Kimia, UNPAR dapat menjadi pilihan yang kompetitif untuk tempat Anda merintis dan mempersiapkan diri (BHB/tim CBD).