Kuliah Umum CBD: From Cost-of-Living Crisis to The Rise of Peer Influence – How Emerging Cultural Codes Impact Business and Brand Strategy

Penulis: Ferlita Agnes Prasnasheilla
— 18 April 2024

Program Studi Chemical Business Development telah sukses menyelenggarakan kuliah umum dengan topik From Cost-of-Living Crisis to The Rise of Peer Influence: How Emerging Cultural Codes Impact Business and Brand Strategy pada tanggal 21 Maret 2024. Acara ini diselenggarakan secara daaring dan dipandu oleh seorang yang ahli dalam bidangnya, Ben Indra, yang merupakan alumni Teknik Kimia UNPAR (Angkatan 95). Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam Inovasi dan Riset Pasar di perusahaan-perusahaan global FMCG, Healthcare and Luxury, dan lain-lain. Ben Indra, ingin memberikan kuliah umum yang menyoroti pentingnya memadukan keahlian teknis dengan pemahaman komersial di dunia teknik kimia.

Ben Indra, menekankan bahwa mahasiswa perlu melampaui pengetahuan teknologi untuk memahami aspek komersial pemasaran, termasuk pembelajaran dari kesalahan sebelumnya, memenuhi kebutuhan konsumen, dan memahami manfaat di masa mendatang. Ben Indra, juga menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan merek oleh konsumen, mencakup desain produk, kebutuhan pasar, keunikan produk, empati merek, dan kemampuan merek untuk menjadi solusi bagi konsumen.

Dalam wawancara, tentang perbedaan antara mahasiswa teknik kimia dengan jurusan lain dalam hal inovasi dan riset pasar, Ben menyoroti keunggulan Teknik Kimia UNPAR dalam fokus pada bioteknologi dan pangan, serta program Chemical Business Development yang mempersiapkan mahasiswa dengan pemahaman komersial yang kuat. Ben Indra, memberikan saran bagi mahasiswa teknik kimia untuk menggabungkan pengetahuan teknis dengan pemahaman pemasaran, termasuk pemahaman mendalam tentang tujuan karir dan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.

Dengan kuliah umum ini, mahasiswa diharapkan dapat melihat nilai perkuliahan sebagai persiapan yang penting untuk sukses di dunia nyata, sambil mempertahankan fokus pada inovasi teknologi dan pemahaman komersial yang mendalam.

X