Kuliah Tamu dari Dr. Himawan Tri Bayu Murti Petrus: Teknologi membran dalam mineral processing

Intensifikasi proses merupakan berbagai usaha pengembangan yang dilakukan dalam industri proses untuk mewujudkan rancangan teknologi yang lebih efektif secara ukuran, keamanan, biaya pengoperasian, penggunaan energi, dan hal lainnya. Usaha-usaha tersebut telah mulai dikembangkan sejak awal tahun 1970-an. Akan tetapi, untuk saat ini dan masa depan industri kimia di mana industri kimia akan semakin bersaing, intensifikasi proses dipandang perlu untuk dilakukan sehingga terciptanya industri kimia yang ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Program Studi Magister Teknik Kimia mengadakan kuliah tamu sekaligus webinar terkait usaha-usaha intensifikasi yang telah dilakukan di bidang pemisahan, khususnya penggunaan teknologi membran dalam bidang pemrosesan mineral. Teknologi membran merupakan teknologi pemisahan yang dapat dikatakan baru dan telah sukses menggantikan berbagai perangkat/unit proses yang konvensional di industri kimia. Hal ini seiring dengan performa membran yang menjanjikan baik dari segi operasional dan biaya.

Kuliah tamu/webinar ini diadakan pada tanggal 3 Desember 2020 secara daring. Dr. Himawan Tri Bayu Murti Petrus menjadi narasumber pada kegiatan ini. Topik yang dibawakan adalah Membrane Technology: Can it be applied in mineral processing? Dr. Bayu memberikan penjelasan terkait konsep umum membran dan berbagai aplikasinya pada bidang mineral processing.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi peserta webinar. (aks/kev)