Jurusan Teknik Kimia Mengadakan Workshop OBE

Pada hari Jumat, 11 November 2022, Jurusan Teknik Kimia UNPAR mengadakan Workshop Pembelajaran Berbasis Luaran (Outcome-Based Education; OBE) dalam rangka evaluasi Kurikulum 2018 dan pembekalan dalam penyusunan Kurikulum 2023. Selain dihadiri dosen-dosen Jurusan Teknik Kimia, workshop ini juga dihadiri dosen dari Jurusan Teknik Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Sipil, dan Administrasi Bisnis UNPAR.

Workshop ini menghadirkan narasumber Dr. B Widharyanto dan Ibu V Triprihatmini, MHum, MA dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Dalam workshop 1 hari tersebut, dipaparkan seluruh tahapan penting dalam menyusun dan menjalankan kurikulum berbasis OBE, yang meliputi tahap penyusunan kurikulum, perumusan profil lulusan dan capaian pembelajarannya, penyusunan rencana pembelajaran semester, pemilihan metode pembelajaran, dan terakhir asesmen otentik yang sesuai dengan capaian yang diharapkan. Dalam sesi-sesi tersebut, dilakukan pula evaluasi terhadap berbagai instrumen terkait pembelajaran yang telah digunakan selama Kurikulum 2018 berjalan.

Kegiatan workshop ini disambut baik oleh Dr. Thedy Yogasara, Dekan Fakultas Teknologi Industri, yang menekankan pentingnya pemahaman dosen dalam menyusun dan menjalankan kurikulum berbasis OBE. Ketua Jurusan Teknik Kimia, Dr. Tedi Hudaya, menyampaikan apresiasi kepada narasumber yang telah membagikan banyak hal terkait OBE, sekaligus mengharapkan evaluasi kurikulum OBE menjadi lebih mantap dengan pembelakan dari workshop ini.

Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini memberikan manfaat bagi semua peserta.

X