Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Program Studi Teknik Kimia 2021

Inisiasi dan Adaptasi Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (SIAP TK UNPAR) 2021 resmi berlangsung pada Kamis (9/9/2021) secara daring. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dipersiapkan untuk mahasiswa baru Teknik Kimia angkatan 2021 dalam rangka mengenalkan dunia perguruan tinggi dan lingkungan UNPAR. Tidak hanya mengenalkan lingkungan UNPAR, kegiatan tersebut turut mengenalkan informasi mengenai Industry 4.0 dan kaitannya dengan ilmu Teknik Kimia.

Ketua Jurusan Teknik Kimia, Tedi Hudaya, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. menyampaikan, “Selamat bergabung ke dalam Jurusan Teknik Kimia UNPAR bagi mahasiswa baru Teknik Kimia UNPAR 2021, kalian merupakan orang-orang terpilih dan memiliki kesempatan karena banyak pendaftar lain yang belum beruntung untuk dapat berkuliah di Jurusan Teknik Kimia UNPAR. Selamat bergabung di Universitas Katolik Parahyangan, dan selamat menempuh pembelajaran dunia perguruan tinggi”.

Pada SIAP TK UNPAR 2021, terdapat serangkaian kegiatan mulai dari pengenalan dosen, lingkungan TK, hingga motivasi yang meningkatkan semangat para mahasiswa baru. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tata cara pembelajaran daring yang dipaparkan oleh Ketua Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Dr. Jenny Novianti M. Soetedjo, S.T., M.Sc., disertai dengan sesi yang dibawakan oleh dosen wali angkatan 2021 yaitu Herry Santoso, S.T., M.T.M., Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. Judy Retti B. Witono, Ir., M.App.Sc.

Rangkaian kegiatan diteruskan dengan Lab Tour melalui pemutaran video untuk memperkenalkan laboratorium yang tersedia di TK UNPAR dan dilanjutkan dengan sesi sharing Industri 4.0 bertemakan “Peluang, Tantangan, dan Proyeksi Kerja dalam Industri” yang dibawakan oleh alumni Teknik Kimia UNPAR yaitu Graziano Chrisma Benaya, S.T. (angkatan 2016) dan Federick Dwi Putra, S.T. (angkatan 2015). Topik ini bertujuan memperkenalkan dunia kerja dalam bidang industri yang berhubungan dengan Teknik Kimia. Sebagai bentuk apresiasi, panitia memberikan sertifikat dan plakat kepada  kedua pembicara.

Di sesi akhir, mahasiswa baru angkatan 2021 diperkenalkan mengenai organisasi-organisasi yang berada dalam lingkup TK UNPAR, yaitu Himpunan Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK), Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI), dan Senat Mahasiswa (SM). Acara ditutup dengan video penutupan SIAP Fakultas Teknologi Industri (FTI) oleh Dekan FTI, Dr. Thedy Yogasara, S.T., M.Eng.Sc., video doa penutupan oleh Christian Fredy Naa S.Si., M.Si., M.Sc., dan pengambilan foto bersama. (Rizqy, ed: ARA, JNS)