Chemipreneurship, Peluang Start Up di Industri Teknik Kimia Bagi Mahasiswa TK UNPAR

Pada Jumat (18/6/2021), Magister Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (MTK UNPAR) menyelenggarakan webinar bertajuk “Chemipreneurship : Start Up di Industri Teknik Kimia”. Kegiatan ini mengundang Dr. Noryawati Mulyono, S.Si., Founder dari Biopac.id yang bergerak dalam bisnis bio-packaging.

Menjalankan sebuah bisnis tidak harus kuliah. Tetapi dengan kuliah bisa meminimalisir kegagalan dalam merintis bisnis. Berdasarkan data statistik, dari 100 start-up, hanya 10% yang bisa bertahan dalam 5 tahun pertama. Berlaku juga di 5 tahun berikutnya, dari 10% tersebut, hanya 10% yang bisa bertahan. Kegagalan dalam berbisnis selain berdampak kepada diri sendiri juga berdampak kepada para karyawan dan keluarganya sehingga sangat penting untuk mengantisipasi kegagalan.

Bisnis Masa Kini

Berbisnis bukan hanya sekedar trend atau keterpaksaan. Ketika sudah mantap untuk berbisnis, maka setiap harinya harus siap dengan berbagai tantangan yang ada. Selain uang, modal yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah skill. Salah satu langkah untuk mengasah skill adalah dengan kuliah. Namun perlu disadari bahwa modal bukanlah penentu kesuksesan. “Ketekunan dan passion adalah sikap utama yang harus dimiliki untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses,” tutur Nory. 

Tim atau partner adalah hal yang penting dalam berbisnis. Dalam memilih partner, perlu adanya penggalian lebih dalam kompetensi yang dimiliki dalam dirinya. “Jangan memilih partner yang memiliki kompetensi yang sama dengan diri kita” ujarnya.

Pendirian sebuah bisnis mengalami pro dan kontra mengenai kesiapannya untuk dijalankan. Hal ini juga yang dialami oleh Nory dalam pendirian Biopac.id. Menurutnya, jika menunggu kesiapan tidak akan pernah siap. Dengan modal dan kompetensi yang dimiliki Nory dan timnya, mereka berhasil launching produk pertama dari Biopac.id yaitu seaweed-based biopackaging.

Di masa kini, banyak produk-produk besutan pebisnis dengan spesifikasi yang relatif mirip. Namun, hal yang harus membedakan produk satu dengan yang lainnya adalah value preposition. Murah bukan merupakan suatu solusi jangka panjang. Contohnya adalah pengguna setia Apple yang tidak mudah beralih ke produk elektronik buatan perusahaan lain hanya karena harganya lebih murah.

Manfaat Kuliah Teknik Kimia

Dengan memiliki bekal dari teknik kimia, kita tidak hanya mengandalkan karyawan profesional yang kita rekrut karena belum tentu mereka memiliki passion yang sama dengan kita. Pengetahuan dan passion all-out dari dalam diri sendiri akan sangat membantu tercapainya kesuksesan dalam bisnis. “Maka dari itu, mulai dari sekarang yang ingin berbisnis jangan ngantuk-ngantuk,” ujar Nory seraya bergurau.

Strategi itu sangat penting, termasuk mengidentifikasi target market yang tepat. Beliau berpesan, “Jangan berhenti untuk berpikir, menggali ide, dan berinovasi. Buka mata lebar-lebar, barangkali kita harus melakukan sedikit modifikasi atau pivot. Harus ada kejelian di dalam membangun bisnis yang sukses.” (JNS; Kev. -ed.)