Biobased Platform Chemicals from Macroalgae: Sidang Doktoral Dr. Angela Martina, S.T., M.T.

Penulis: Hans Kristianto
— 26 Juni 2024

Rabu, 19 Juni 2024, Angela Martina, dosen Jurusan Teknik Kimia UNPAR telah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Biobased Platform Chemicals from Macroalgae” dalam sidang terbuka di University of Groningen (RUG), Belanda.

Sidang terbuka ini merupakan buah manis dari perjalanan Dr. Angela selama menempuh pendidikan doktoral di University of Groningen, Belanda. Dr. Angela melakukan penelitian pemanfaatan rumput laut (makroalga) berjenis Eucheuma cottonii menjadi platform chemicals seperti 5-hydroxymethylfurfural dan asam levulinat. Pemanfaatan rumput laut ini memiliki keunggulan pada tingginya kandungan karbohidrat, serta kandungan lignin yang rendah sehingga tidak membutuhkan perlakuan awal yang kompleks. Sekalipun memiliki potensi yang tinggi, pemanfaatannya sebagai bahan baku masih terbatas, yaitu hanya pada industri makanan. Dr. Angela melakukan penelitian terkait dengan rute konversi yang optimum dengan perolehan produk yang tinggi serta optimisasi kondisi proses. Produk platform chemicals yang dihasilkan membuka peluang pemanfaatan lebih besar, salah satunya sebagai building blocks produk plastik yang terbaharukan. Disertasi ini dihasilkan dari studi yang ditempuh selama 4 tahun dengan promotor Prof. Dr. Ir. H. J. Heeres dan Prof. F. Picchioni.

Selamat atas kelulusan yang telah diraih, semoga ilmu yang diperoleh menjadi bekal berharga memajukan UNPAR dan Indonesia. Proficiat!

X