Helping AND Serving (HANDS)

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan. Dengan tema Helping AND Serving (HANDS), pengabdian masyarakat yang mengambil konsep social responsibility kali ini berupaya untuk membantu masyarakat Desa Cukang Genteng ( Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat) yang memiliki potensi di segi pertanian.

Kegiatan ini bertujuan agar warga desa tersebut menjadi mandiri dalam pengelolaan pertanian selain itu dilaksanakan pula penyerahan bibit pohon kepada kepala desa secara simbolis dan penanaman bibit pohon tersebut. Bibit pohon tersebut berjumlah sebanyak 200 bibit (Pohon Mahoni dan Pohon Kibeureum) yang berasal dari departemen kehutanan. Selain sebagai bentuk aplikasi dari pembuatan pupuk penanaman bibit pohon tersebut dilakukan melihat dari kondisi beberapa titik desa yang terkena longsor, diharapkan kegiatan ini menjadi pencegahan akan terjadinya longsor.

Kegiatan tersebut dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan acara pengabdian masyarakat yang diadakan pada tanggal 31 Januari – 1 Februari 2015. Acara Pengabdian Masyarakat ini diisi dengan memberikan penyuluhan mengenai pembuatan pupuk organik (Bokashi). Penyuluhan ini dilatar belakangi oleh tingginya harga dan kelangkaan pupuk kimia di sejumlah wilayah yang mulai meresahkan petani. Banyak petani yang sudah mencari alternatif lain selain pupuk kimia, tetapi keterbatasan kemampuan petani dalam mengolah sumber daya yang ada menjadi penghambat dalam pencarian alternatif selain pupuk kimia.

Tahap kedua, merupakan kegiatan Bakti Sosial yang diadakan pada tanggal 8 Maret 2015, Acara kali ini merupakan rangkaian acara dan penutup dari kegiatan Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia 2014/2015. Sebagai penutup, dilaksanakan penanaman bibit sebagai aplikasi dari pembuatan pupuk pada acara tahap pertama sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

X