Kurikulum S1

Dengan berpedoman pada Tridharma Perguruan Tinggi serta dijiwai oleh Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar UNPAR (SINDU), pendidikan yang diselenggarakan di Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai spiritualitas dan nilai-nilai dasar UNPAR tersebut untuk mengembangkan dan membaktikan ilmunya dalam profesinya masing-masing.

Profil lulusan program studi disusun atas dasar penelusuran lulusan (alumni tracer study), masukan pemangku kepentingan (pengguna lulusan, Industrial Advisory Board), asosiasi profesi, dan memperhatikan perkembangan keilmuan/keahlian di masa yang akan datang. Profil lulusan Program studi Teknik Kimia UNPAR disusun atas dasar pelacakan lulusan yang dilaksanakan secara terpusat di tingkat universitas pada tahun 2019-2021, selain juga memperhatikan masukan dari pengguna lulusan (melalui kuesioner) dan juga Industrial Advisory Board. Berdasarkan berbagai masukan di atas, dirumuskan Profil Lulusan Program Studi Teknik Kimia 2023-2028 disajikan sebagai berikut:

  1. Sarjana teknik kimia yang dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar dan praktis teknik kimia di industri proses maupun di berbagai bidang kerja lainnya secara profesional dengan menjunjung tinggi keluhuran etika dan etos kerja;
  2. Sarjana teknik kimia yang dapat melakukan dan mengembangkan riset yang berkaitan dengan profesinya dan/atau siap melakukan studi lanjut di bidang teknik kimia maupun bidang ilmu terkait; serta
  3. Sarjana teknik kimia yang dapat bekerja secara efektif baik secara mandiri maupun dalam tim serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis-kreatif, pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi dan kepemimpinan yang efektif dalam lingkup kerjanya maupun di masyarakat.

Dengan jalur karir lulusan antara lain insinyur proses, manajer proses, peneliti, analis dan komunikator teknologi, (chemical-based) business developer, chemical-based intrapreneur, bridging antara produksi dan marketing/ finance/ supply-chain management, dsb.

Tujuan tersebut dapat tercapai dengan memperhatikan kompetensi lulusan sesuai dengan Perpres 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional  Indonesia  (KKNI), Standard Nasional Pendidikan Tinggi dalam Permendikbud no 3 tahun 2020, capaian pembelajaran lulusan (CPL) dari Asosiasi Pendidikan Teknik Kimia Indonesia (APTEKIM) tahun 2021, learning outcomes dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), CPL Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR dirumuskan dan diturunkan untuk pemenuhan profil lulusan yang dijelaskan di atas.

CPL Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR 2023-2028 dirumuskan sebagai berikut:

1. Menunjukkan kemampuan mengetahui, memahami, serta mampu mengaplikasikan fakta, konsep, teori dan prinsip-prinsip pokok ilmu dasar matematika dan sains serta teknik kimia (Pengetahuan)

2. Mampu merancang dan melaksanakan riset serta mengumpulkan, mengolah dan menginterpretasi data baik primer ataupun sekunder (Keterampilan Khusus)

3. Mampu menerapkan ilmu dasar dan metode-metode rekayasa yang relevan secara kuantitatif dalam menganalisa, mengevaluasi, untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks nyata secara kreatif dan inovatif (Keterampilan Khusus)

4. Mampu untuk memahami dan menganalisis dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, dan sosial dengan memperhatikan aspek keselamatan serta keberlanjutan lingkungan (Pengetahuan)

5. Mampu untuk mengaplikasikan teknik, keahlian-keahlian teknik serta piranti lunak rekayasa modern yang dibutuhkan dalam perancangan alat, proses, dan praktek kerekayasaan lain di bidang proses (Keterampilan Khusus)

6. Menunjukkan kemampuan komunikasi, manajemen waktu, bekerja mandiri, atau pun di dalam tim, serta literasi digital dalam berbagai situasi (Keterampilan Umum)

7. Mampu untuk menginternalisasi etika akademik dan menghargai etika profesi serta menunjukkan kesadaran akan pembelajaran seumur hidup (Sikap)

Memperhatikan CPL dan bidang kajian teknik kimia, diturunkanlah mata kuliah program studi; daftar mata kuliah wajib dapat diakses (di sini) dan kuliah pilihan dapat dilihat (di sini).

X