Falencia Suryanti, Mahasiswa TK UNPAR Terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi UNPAR 2022

Adanya pandemi COVID-19 tidak menjadikan seorang mahasiswa Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan Angkatan 2019, Falencia Suryanti untuk berdiam diri saja. Pandemi tidak menghentikan Falencia atau yang biasa dipanggil Falen untuk tetap aktif baik dalam organisasi, perkuliahan, maupun pertemanan. Dalam menyeimbangkan aktivitasnya yang padat, dibutuhkan manajemen time frame yang baik dan dengan begitu Falen dapat berkontribusi maksimal dalam kegiatan tersebut.

Pada bulan Mei 2022, Falen mendaftarkan diri dalam PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) UNPAR 2022. Pada tahap pertama, Falen mengikuti seleksi administratif dan interview. Dari seleksi tahap pertama, Falen menjadi salah satu dari lima orang terbaik yang dipilih untuk mengikuti tahap seleksi kedua yaitu tahap presentasi. Dalam tahap ini, Falen membawa naskah Gagasan Kreatif terkait masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0 dengan mengangkat tema “Answering Future Challenges with Meta-Intelligence”. Berkat kerja kerasnya Falencia berhasil meraih Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNPAR 2022 ini. Selanjutnya, Falen berkesempatan untuk mengikuti Seleksi Wilayah dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Falen menuturkan bahwa selain faktor presentasi, keikutsertaannya dalam beberapa kompetisi dan organisasi dalam skala provinsi dan nasional juga menjadi poin unggul yang dapat ditunjukkan dalam kompetisi ini. Bukan hanya itu, capaian-capaian yang telah didapatkan seperti usaha start-up, pembuatan buku yang sudah bersertifikat HAKI dan telah tersebar ke lebih dari 800 anak marjinal di Jabodetabek, serta beberapa bisnis yang telah didirikan, yang dinilai dapat memberikan dampak yang baik bagi sosial khususnya dalam sektor pendidikan juga menghasilkan nilai tambah yang dapat diunggulkan.

Proses yang telah dijalani dari awal hingga akhirnya ditetapkan sebagai Mahasiswa Berprestasi UNPAR 2022 membuat Falen bangga akan pencapaiannya. Ia merasa banyak hal yang dapat dipetik dari kompetisi tersebut. Bangga dengan hasil yang didapat, Falen juga merasa semakin percaya diri dan senang karena dapat menunjukkan kalau mahasiswa berprestasi tidak melulu soal akademik saja.

Sebagai penutup, Falen juga berpesan pada mahasiswa – mahasiswa lain. “Know your worth (kelemahan dan kelebihan). Semua orang lahir dengan karakter yang beda-beda dan itu tidak penting. Yang penting kita kenal dengan kemampuan kita dan fokus dengan apa yang bisa kita maksimalkan lewat hal tersebut. Pendidikan juga penting. Tapi ingat, edukasi tidak hanya sebatas apa yang tertulis di rapor/ IPK atau yang ada di kelas. Edukasi bisa formal dan non-formal, dan memaksimalkan potensi sesuai diri kamu sendiri. Dan yang terakhir mental health matters but never be the reason for you to quit. Jangan peduli dengan apa yang orang anggap tentang kamu, karena yang tahu kamu hanya diri kamu sendiri, ujarnya. (AGD dan DNP)

X