Tim Mahasiswa Teknik Kimia UNPAR Raih Juara di CPDC UI

Tim gabungan mahasiswa Prodi S1 Teknik Kimia dan Teknik Industri UNPAR berhasil menyabet gelar Juara Produk ter-Favorit dalam ajang Process Engineering and Energy Day (PGD UI) 2019 kategori Chemical Product Design Competition (CPDC). Tim yang diberi nama Ma’em ini terdiri atas: Theo, Tamara Gita Pramana Putri (2015610032), Hendri (2016620073), Abigail Fern Pramana (2016620048), Fabiola Gracia (2016610026), Christo Chandra (2015610021) yang membawakan produk sendok yang dapat terurai dan dimakan.

“Ide pembuatan produk ini berasal dari keprihatinan akan banyaknya sampah plastik di lingkungan sekitar kita,” jelas Hendri. “Padahal sampah plastik ini tidak bisa diuraikan. Salah satu yang paling sering kita lihat sehari-hari adalah sendok plastik”, tambahnya. Berangkat dari permasalahan tersebut, makan muncullah ide pembuatan peralatan makan memanfaatkan pati lokal Indonesia untuk membuat sendok yang dapat terurai, sehingga masyarakat dapat menikmati makanannya tanpa rasa bersalah karena alat makan yang digunakan mencemari lingkungan.

Produk sendok dan garpu yang dibuat dari pati lokal Indonesia

Proses pembuatan produk ini tidaklah mudah. Dibutuhkan serangkaian uji coba di laboratorium untuk menemukan formulasi yang tepat, sehingga produk dapat digunakan layaknya sendok biasa. Selain itu design bentuk dan kenyamanan pengguna juga menjadi perhatian produk yang dirancang.

Rangkaian perlombaan sendiri sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2018, dk mana lebih dari 100 abstrak diseleksi menjadi 32 kandidat yang mengajukan laporan lengkap, dan dipilih 10 grand finalist yang mempresentasikan produknya di hadapan dewan juri pada rangkaian acara yang diadakan tanggal 21-23 Maret 2019. Dari hasil presentasi itulah produk dari Tim Ma’em ini berhasil meraih Juara Produk Favorit.

Selamat atas prestasi atas prestasi yang telah diraih, semoga dapat menjadi motivasi bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk terus berprestasi. Proficiat!