Visi dan Misi

Visi:

Menjadi komunitas akademik humanum di bidang teknik kimia yang mengembangkan keunggulan potensi lokal untuk dapat dibawa berkiprah dan diakui pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

Misi:

  1. Membangun komunitas akademik di bidang teknik kimia yang humanum.
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengkajian ilmiah, sistemisasi, konservasi, serta penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik kimia dengan penekanan pada pengembangan keunggulan bahan baku dan produk lokal untuk dapat dibawa berkiprah dan diakui pada tataran internasional.
  3. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan kualitas tertinggi yang berpusat pada mahasiswa secara kritikal kreatif berdasarkan hasil penelitian.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian.

Tujuan:

Dengan berpedoman pada Tridharma Perguruan Tinggi serta dijiwai oleh Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar Unpar (SINDU), Jurusan Teknik Kimia memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Dalam bidang pendidikan, Jurusan Teknik Kimia bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang unggul; mampu bekerja sama; senantiasa mengintegrasikan ilmu, iman, dan moral; serta memiliki sikap hormat dan peduli pada peningkatan martabat manusia, nilai-nilai luhur kemanusiaan, dan keutuhan alam ciptaan.

2. Dalam bidang penelitian, Jurusan Teknik Kimia bertujuan untuk melakukan penelitian dan pengembangan keunggulan lokal, khususnya bahan baku biomassa yang tersedia melimpah di Indonesia, untuk menghasilkan produk bahan kimia, bahan pangan, dan sumber energi terbarukan.

3. Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Teknik Kimia bertujuan untuk melakukan penerapan produk hasil penelitian dan pengembangan keunggulan lokal baik dalam menyelesaikan persoalan industri kimia maupun solusi persoalan nyata di masyarakat.

Secara khusus, pendidikan yang diselenggarakan di Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai spiritualitas dan nilai-nilai dasar UNPAR tersebut untuk mengembangkan dan membaktikan ilmunya dalam profesinya masing-masing. Pendidikan Tinggi di Program Studi Teknik Kimia UNPAR dirancang agar setiap lulusan dalam 5 (lima) tahun semenjak kelulusannya menjadi:

1) Sarjana teknik kimia yang dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar dan praktis teknik kimia di industri proses maupun di berbagai bidang kerja lainnya secara profesional dengan menjunjung tinggi keluhuran etika dan etos kerja;

2) Sarjana teknik kimia yang dapat melakukan dan mengembangkan riset yang berkaitan dengan profesinya dan/atau siap melakukan studi lanjut di bidang teknik kimia maupun bidang ilmu terkait; serta

3) Sarjana teknik kimia yang dapat bekerja dalam tim serta mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang efektif dalam lingkup kerjanya maupun di masyarakat.