Studi Pabrik Mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2018

Pada tanggal 16 Januari 2020, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2018 mengunjungi 4 buah pabrik di Kawasan Industri Cikarang, Jababeka. Kegiatan studi pabrik merupakan program kerja rutin Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMPSTK) UNPAR bekerja sama dengan Jurusan Teknik Kimia. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap berbagai jenis industri kimia dan sejenis yang terkait bidang ilmu teknik kimia. Selain itu mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai aplikasi ilmu yang sudah dipelajari dalam industri nyata.

Pabrik yang dikunjungi dalam kegiatan studi pabrik ini adalah PT. Supernova Flexible Packaging (memproduksi kemasan-kemasan makanan, deterjen, dll.), PT. KAO Indonesia (memproduksi fast moving consumer goods seperti sabun Biore, softex Laurier, deterjen Easy, dll.), PT. Sari Roti Cikarang (produsen roti merk Sari Roti) dan PT. Liwayway (produsen makanan ringan). Pada setiap kunjungan, peserta mahasiswa memperoleh pemaparan terkait proses produksi setiap pabrik serta aspek safety dan higienitas yang menjadi perhatian utama dalam proses produksi. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung proses produksi dari setiap pabrik.

Kunjungan pabrik diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. Semoga studi pabrik yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta.