SNTKU 2018: Mengembangkan dan Mengangkat Potensi Alam Indonesia ke Tataran Global

Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan kembali mengadakan acara Seminar Nasional Teknik Kimia UNPAR (SNTKU) 2018 pada tanggal 6 September 2018. Pada tahun ini, tema seminar yang diambil adalah “Teknologi Proses dan Produk Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia”. Tema besar seminar ini hampir sama dengan tema seminar pada tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaan seminar ini mengacu pada visi UNPAR dan TK UNPAR yang ingin mengembangkan dan mengangkat potensi lokal Indonesia ke tataran yang lebih tinggi lagi.

Acara seminar ini diawali dengan beberapa kata sambutan oleh ketua acara (Dr. Jenny N. M. Soetedjo), ketua jurusan (Dr. Tedi Hudaya), dekan FTI (Dr. Thedy Yogasara), dan rektor UNPAR (Dr. Mangadar Situmorang) yang juga membuka acara ini. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi plenary di mana 4 (empat) narasumber memaparkan potensi sumber daya Indonesia dan cara pemanfaatannya di bidang/industri energi (minyak), farmasi, kertas, dan oleochemicals. Keempat narasumber tersebut adalah Dr. Ir. Tatang Hernas Soerawidjaja (President, Indonesia Association of Bioenergy Scientist and Technologist – IABEST), Bambang Veriansyah, Ph.D. (Unit Head Plant, Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences – Dexa Medica), Drs. Liem Khe Fung, MBA. (Innovation Director, PT. Bukit Muria Jaya), dan Usman Oemar, Ph.D. (R&D Specialist, PT. Ecogreen Oleochemicals Batam).

Seperti pada seminar sebelumnya, seminar ini juga diadakan pemaparan dan diskusi berbagai hasil penelitian yang menarik dari para peserta seminar yang berasal dari berbagai institusi akademik. Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok , yaitu kelompok rekayasa sistem proses dan produk, kelompok pengolahan limbah dan lingkungan, dan teknologi konversi biomassa dan sumber daya alam.

Semoga acara seminar ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta.