Seminar Nasional Teknik Kimia UNPAR 2015: “Inovasi Teknologi Proses dan Produk Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia”

Pada 19 Oktober 2015 Program Studi S1 dan S2 Teknik Kimia mengadakan seminar nasional yang ke-11 di Hotel Galeri Ciumbuleuit, Bandung. Kegiatan seminar nasional ini merupakan kegiatan rutin dari Jurusan Teknik Kimia yang telah diadakan sejak tahun 2003. Seminar Nasional Teknik Kimia UNPAR tahun ini mengangkat tema “Inovasi Teknologi Proses dan Produk Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia”.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, I Gede Pandega W, ST,MT, Ketua Program Studi Teknik Kimia UNPAR, Ratna Frida Susanti, Ph.D, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr. Thedy Yogasara, ST, M.EngSc, dan Rektor UNPAR, Mangadar Situmorang, Ph.D, yang sekaligus membuka acara Seminar Nasional Teknik Kimia UNPAR 2015 ini.

Rektor UNPAR memberikan sambutan, sekaligus membuka Seminar Nasional

Pada kesempatan ini terdapat 3 Sesi Pleno yang dibawakan oleh 3 orang keynote speaker yang berasal dari universitas terkemuka, yaitu Felycia Edi Seotaredjo, Ph.D. (Unika Widya Mandala Surabaya), Dr. Tatang Hernas Soerawidjaja (Institut Teknologi Bandung), dan Prof. Yudi Samyudia, Ph.D. (Curtin University Australia). Selain itu terdapat 2 Invited Speaker dari industri, yaitu Andy Gunawan, S.T. (PT Ecogreen) dan Eka Linggadjaja,S.T.,M.B.A. (PT Biotech Surindo) yang merupakan alumni Teknik Kimia UNPAR. Terdapat total 47 pemakalah yang berasal dari berbagai universitas, institut, balai besar, dan lembaga riset ternama di Indonesia yang membagikan hasil penelitiannya dalam Seminar Nasional ini.

Felycia Edi Seotaredjo, Ph.D. (kanan) sebagai keynote speaker
Dr. Tatang Hernas (kanan) sebagai keynote speaker
Prof. Yudi Samyudia (kanan) sebagai keynote speaker

Pada Seminar Nasional ini juga dipublikasikan agenda Seminar Internasional Teknik Kimia (International Conference on Chemical Engineering- ICCE) UNPAR ke-2 yang akan diadakan pada 26-27 Oktober 2016 di Bandung. Kiranya Seminar Nasional yang diadakan kali ini dapat menjadi wadah dan media bagi akademisi, peneliti, dan industri untuk berinteraksi, dan membangun jejaring yang bermanfaat bagi perkembangan dunia teknik kimia.

X