Selamat Datang Mahasiswa/I TK UNPAR 2017

Mahasiswa/i baru angkatan 2017 mengikuti kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) 2017.

 

Memasuki tahun akademik 2017/2018, Jurusan Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (TK UNPAR) menyambut mahasiswa/i baru. Jumlah mahasiswa/i baru angkatan 2017 yang diterima pada tahun ini sebanyak 141 orang dan jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan melalui beberapa jalur penerimaan, seperti jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan jalur tes (USM).

 

Dalam menyambut dan memperkenalkan dunia perkuliahan di UNPAR kepada mahasiswa baru, mereka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) UNPAR yang berlangsung pada 7-10 Agustus 2017. SIAP merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari beberapa kegiatan, seperti upacara penyambutan oleh rektor UNPAR, Mangadar Situmorang, Ph.D., pengenalan SINDU sebagai identitas dan karakter UNPAR, pengenalan LKM dan UKM.

Ratna Frida Susanti, Ph.D., selaku ketua jurusan menyambut mahasiswa baru dan mengenalkan jurusan.

 

Selain itu, kegiatan SIAP Fakultas dan Jurusan juga diikuti oleh mahasiswa/i pada hari ketiga dan keempat. Setelah acara penyambutan oleh pihak Dekanat dan pengenalan beberapa informasi yang ada di lingkungan fakultas, acara SIAP dilanjutkan dengan pengenalan jurusan dan dosen-dosen TK UNPAR oleh ketua jurusan, Ratna Frida Susanti, Ph.D. Pada sesi ini, ketua jurusan menjelaskan terkait hal-hal penting yang akan dilalui oleh mahasiswa/i selama masa perkuliahan di TK UNPAR. Pemberian materi etika baik etika umum dan etika akademik kepada mahasiswa/i juga diberikan oleh 2 pemateri, yaitu Susiana Prasetyo, S.T., M.T. dan Tony Handoko, S.T., M.T.

Dalam kegiatan SIAP ini, mahasiswa baru juga diperkenalkan kepada para dosen wali.

 

Sesi selanjutnya adalah pengenalan dan pertemuan mahasiswa baru dengan dosen wali. Untuk angkatan 2017, ada 4 (empat) dosen wali yang siap untuk mambantu mahasiswa/i selama menjalankan kegiatan perkuliahan. Keempat dosen wali tersebut adalah Susiana Prasetyo, S.T., M.T., Tony Handoko, S.T., M.T., Angela Justina Kumalaputri, S.T., M.T., dan Putri Ramadhany, S.T., M.Sc., P.DEng.

Kegiatan kunjungan laboratorium juga dikenalkan kepada mahasiswa/i baru.

 

Tidak lupa, panitia SIAP menyelenggarakan kegiatan tour lab. Pada sesi ini, setiap mahasiswa terlebih dahulu dikenalkan terkait aturan safety yang berlaku di jurusan dan melihat berbagai alat dan demo percobaan yang telah disiapkan oleh kepala laboratorium, laboran, koordinator, dan asisten. Kegiatan SIAP akan ditutup dengan pengenalan beberapa kegiatan mahasiswa, khususnya kegiatan mahasiswa yang ada di lingkungan TK UNPAR oleh himpunan.

 

Selamat datang mahasiswa/i TK UNPAR angkatan 2017.

Selamat menuntut ilmu, berkarya, dan berprestasi di TK UNPAR.