Pusdi Rekayasa Proses dan Produk Pangan, TK UNPAR Memperkenalkan Tiga Teknologi Produksi Garam

Pusat Studi Rekayasa Proses dan Produk Pangan, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Judy Retti B. Witono, M.App.Sc., mengikuti pameran teknologi yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Januari 2020 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Acara pameran ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT PDIP ke-47.

Pada pameran kali ini, Prof. Judy Retti memamerkan 3 (tiga) teknologi atau alat yang dapat digunakan untuk memproduksi dan memurnikan garam rakyat. Ketiga alat tersebut adalah hidroekstraktor (untuk memurnikan garam kotor), Wind-Aided Intensified eVaporator (WAIV) dan 3D Rope Evaporator (untuk mempercepat proses penguapan air laut). Teknologi tersebut merupakan pengembangan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun.

Selain itu, Prof. Judy Retti juga menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow. Pada acara tersebut, Prof. Judy mengungkapkan kondisi petani garam rakyat di Indonesia dan bagaimana pusat studi yang beliau pimpin mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh para petani garam.