Profil Lulusan S1

Profil lulusan merupakan suatu gambaran terhadap peran apa yang dapat dilakukan oleh lulusan program studi setelah 1-3 tahun menyelesaikan studinya. Profil lulusan ini menjadi penting, karena memberikan gambaran dan dasar dalam penyusunan capaian pembelajaran serta kurikulum yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan profil lulusan program studi.

Seyogyanya profil lulusan program studi disusun atas dasar penelusuran lulusan (alumni tracer study), masukan pemangku kepentingan (user, industrial advisory board), asosiasi profesi, dan memperhatikan perkembangan keilmuan/keahlian di masa yang akan datang (DIKTI, Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi, 2016). Profil lulusan Program studi  Teknik Kimia UNPAR disusun atas dasar pelacakan lulusan secara insidentil pada 2014-2015, dan juga diperkaya dengan hasil pelacakan lulusan pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UNPAR. Selain itu juga memperhatikan masukan dari pengguna lulusan dan juga industrial advisory board. Berdasarkan berbagai masukan di atas, dirumuskan Profil Lulusan Program Studi Teknik Kimia 2018-2023 sebagai berikut:

  1. Sarjana teknik kimia yang dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar dan praktis teknik kimia di industri proses maupun di berbagai bidang kerja lainnya secara profesional dengan menjunjung tinggi keluhuran etika dan etos kerja;
  2. Sarjana teknik kimia yang dapat melakukan dan mengembangkan riset yang berkaitan dengan profesinya dan/atau siap melakukan studi lanjut di bidang teknik kimia maupun bidang ilmu terkait; serta
  3. Sarjana teknik kimia yang dapat bekerja dalam tim serta mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang efektif dalam lingkup kerjanya maupun di masyarakat.

dengan jalur karier lulusan antara lain insinyur proses, manajer proses, peneliti, analis dan komunikator teknologi, dsb.