Prodi Teknik Kimia dan Teknik Industri UNPAR Melakukan Kegiatan Pengabdian di Desa Sindulang, Sumedang, Jawa Barat

Tim gabungan 2 (dua) program studi (Prodi) di Fakultas Teknologi Industri UNPAR, yaitu Prodi Teknik Kimia (TK) dan Prodi Teknik Industri (TI) melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Desa Sindulang, Sumedang, Jawa Barat. Sejak tahun 2018, kegiatan ini telah dilaksanakan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari kedua prodi tersebut. Tim yang dipimpin oleh Tony Handoko, S.T., M.T. (dosen TK UNPAR) memutuskan untuk berfokus pada program pemanfaatan produk pertanian tomat yang menjadi salah satu komoditi dan produk pertanian utama di desa tersebut.

Pertama, anggota tim TK UNPAR melakukan kegiatan penelitian di laboratorium dengan mengambil topik penelitian berupa pemanfaatan buah tomat dan pembuatan berbagai produk turunan buah tomat. Beberapa produk tersebut adalah bubuk tomat, kertas dari tomat, es krim dan edible film. Setelah kegiatan penelitian ini dilaksanakan, anggota tim ini melakukan kegiatan penyuluhan kepada petani di desa setempat.

Kegiatan penyuluhan dengan tema “Inovasi Pemanfaatan Tomat untuk Masyarakat di Desa Sindulang” ini dilakukan pada tanggal 17 Desember 2019 di Balai Desa Sindulang, Sumedang, Jawa Barat. Anggota tim yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 4 (empat) orang dosen TK UNPAR (yaitu Tony Handoko, S.T., M.T.; Ir. Y.I.P. Arry Miryanti, M.Si.; Kevin Cleary Wanta, S.T., M.Eng. dan Putri Ramadhany, S.T., M.Sc., PDEng.), 3 (tiga) orang dosen TI UNPAR (Dr. Sugih Sudharma Tjandra; Fran Setiawan, S.T., M.Sc. dan Cherish Rikardo, S.Si., M.T.) dan 4 (empat) orang mahasiswa TK UNPAR (yaitu Danette Sugiarto, S.T., Vivian, Abigail Fern Pramana dan Gerry Irawan). Acara dibuka oleh Bpk. Didin Wahyudin, S.T. selaku Kepala Desa Sindulang. Kemudian, acara dilanjutkan dengan presentasi dari para mahasiswa yang membicarakan tentang pembuatan berbagai produk turunan buah tomat dan bagaimana prospek pengembangannya. Para petani tomat yang menjadi peserta acara penyuluhan ini mendengarkan penjelasan dari para mahasiswa dengan antusias dan melakukan kegiatan diskusi dengan anggota tim lainnya.

Kegiatan penelitian dan pengabdian ini tidak hanya berhenti pada kegiatan penyuluhan ini saja. Rencananya, anggota tim akan terus mengembangkan kegiatan ini dengan melakukan kegiatan pelatihan pembuatan produk turunan buah tomat tersebut.

Semoga kegiatan penelitian dan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait.