Perkuat Kerja Sama dengan Industri, Teknik Kimia UNPAR bentuk Industrial Advisory Board

Anggota IAB TK UNPAR (dari kiri ke kanan: Andy Gunawan, S.T., Dr. Ir. Andreas Widodo, Caroline Silka Wibowo, S.T., Ferry Wirianto, S.T., dan Dr. Bambang Veriansyah)

 

UNPAR, secara khusus Program Studi Teknik Kimia, berkomitmen untuk terus mempertahankan serta meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Peningkatan kualitas ini dimaknai dengan melakukan evaluasi diri, menerima masukan dari berbagai pihak, diikuti langkah untuk terus menerus berbenah diri, sehingga dapat lebih baik lagi. Salah satu pihak yang erat kaitannya dalam pelaksanaan pendidikan tinggi adalah industri, karena merupakan salah satu pengguna lulusan utama dari Prodi TK UNPAR.

Menyadari hal itu, maka Prodi TK UNPAR memperkuat kerja sama dengan industri melalui pembentukan Industrial Advisory Board (IAB). IAB merupakan relawan ahli yang bekerja di industri kimia atau pun bidang teknik kimia dan berkomitmen untuk menyumbangkan pikiran, gagasan, dan arahan untuk kemajuan Prodi TK UNPAR.

Pada rapat kerja yang diadakan pada 29 Juli 2017, hadir 5 orang yang mewakili berbagai industri, yaitu Dr. Ir. Andreas Widodo (PT Energy Management Indonesia), Dr. Bambang Veriansyah (Dexa Laboratories and Biomolecular Sciences), Carolina Silka Wibowo,S.T. (Chevron Indonesia Company), Ferry Wirianto,S.T. (PT Lautan Luas Tbk), dan Andy Gunawan, S.T. (PT Ecogreen Oleochemicals). Menjadi agenda utama dalam pertemuan ini adalah diskusi mengenai rancangan kurikulum TK UNPAR 2018, serta pembentukan organisasi IAB TK UNPAR.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa terdapat kesenjangan antara kompetensi sarjana yang lulus dari suatu perguruan tinggi, dengan kompetensi yang dituntut oleh industri. Pada kesempatan ini, para anggota IAB memaparkan berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh lulusan sarjana di industri. Hal ini menjadi masukan berharga dalam peningkatan kualitas pendidikan yang diselenggarakan di Prodi TK UNPAR, terlebih dalam menyusun rancangan kurikulum Prodi TK 2018. Lebih lanjut, didiskusikan berbagai peluang kerja sama antara industri dengan Prodi TK, baik di bidang pendidikan atau pun penelitian, yang dapat dijalin di masa yang akan datang. Selain itu, dalam kesempatan ini dipilih pula ketua IAB TK UNPAR, yaitu Carolina Silka Wibowo, S.T., dan wakil ketua Dr. Bambang Veriansyah.

Apresiasi mendalam disampaikan oleh Ratna Frida Susanti, Ph.D., ketua Prodi TK UNPAR bagi para anggota IAB yang telah menyisihkan waktu, tenaga, serta pikiran bagi kemajuan Prodi TK UNPAR. Semoga pembentukan IAB ini menjadi landasan awal kerja sama yang lebih kuat lagi dengan industri.

X