Pengabdian Masyarakat

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMPSTK) UNPAR memiliki divisi Pengabdian Masyarakat yang bermanfaat untuk menyalurkan rasa kepedulian mahasiswa melalui berbagai kegiatan. Secara khusus, divisi Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk menjadi wadah bagi masyarakat Teknik Kimia UNPAR untuk mengabdikan diri pada masyarakat baik di dalam maupun di luar UNPAR. Beberapa kegiatan rutin yang telah dilakukan di antaranya bakti sosial, mengunjungi panti asuhan-panti jompo, donor darah, dan kegiatan bina desa yang menjadi salah satu kegiatan unggulan.

Bina desa adalah kegiatan membinan suatu desa hingga desa tersebut mampu hidup secara mandiri dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Pada periode 2016/2017 ini,  bina desa HMPSTK akan memiliki 2 desa binaan, yaitu Desa Cukanggenteng dan Desa Jayagiri, kp. Gunung Putri.

Di Desa Cukanggenteng, kegiatan akan berfokus pada pengaplikasian ilmu Teknik Kimia, seperti penjernihan air dan pengawetan produk pangan lokal. Sedangkan untuk Desa Jayagiri, kp. Gunung Putri, kegiatan bina desa akan dilakukan dengan mengusung konsep community development. Konsep ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dari setiap individu yang ada di desa tersebut. Hal ini ditempuh dengan cara memberikan pendidikan akademik dan non-akademik bagi warga sekitar, khususnya anak-anak yang berada di bangku SD.

 

Tim Bina Desa berfoto bersama pengurus DKM Masjid Al Iklhas Desa Cukanggenteng pada kegiatan Bina Desa 2016