Mahasiswa Teknik Kimia UNPAR Meraih Juara 1 Lomba Esai CEFEST 2020

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Indonesia kembali mengadakan lomba esai tingkat nasional Chemical Engineering Festival (CEFEST) 2020. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah Glorious in Chemistry, Facing Revolution Industri 4.0 Towards Golden Era 2045 dengan subtema energi terbaharukan, material ramah lingkungan, teknologi pengolahan limbah, dan teknologi proses terintegrasi. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia, seperti ITB, UGM, UI, UNDIP, UNSRI, ITENAS, dan UNPAR. 

Setelah melewati tahapan esai dan presentasi, tim mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR terpilih menjadi juara pertama. Tim ini terdiri dari Edwin Reynaldi (2016620108) dan Khrysna Taruna Putra (2016620112). Adapun esai yang diajukan berjudul “Pemanfaatan Mikroalga Botyrococcus braunii sebagai Bahan Baku Pembuatan Green Diesel dan Bio-avtur”. Gagasan ini muncul dari keprihatinan terkait isu penipisan cadangan minyak bumi dan pencemaran lingkungan akibat gas emisi karbon dioksida dari bahan bakar fosil. Mikroalga berpotensi menjadi sumber energi terbaharukan karena kandungan lipidnya yang tinggi. Namun saat ini, pengembangan mikroalga menjadi bahan bakar masih dalam tahap uji coba skala laboratorium karena teknologinya masih terbatas dan cukup mahal. Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat terus berinovasi untuk mendukung ketahanan dan kemandirian energi di Indonesia.

Selamat atas prestasi yang diraih, semoga dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk terus berprestasi. Proficiat!