Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Dasar (LKMM-D) 2019

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM-D) 2019, merupakan suatu acara yang bertujuan untuk memupuk kepekaan mahasiswa/i terhadap masalah di lingkungan sekitar, serta mengasah kemampuan untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yakni pada tanggal 23 Februari 2019 bertempatan di Gedung 9 lantai 8 Universitas Katolik Parahyangan. Kegiatan terdiri dari tiga sesi materi dan dua sesi praktek pelatihan materi. Dalam sesi-sesi tersebut, mahasiswa dilatih untuk merumuskan
gagasan-gagasan awal dari permasalahan lingkungan sekitar, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah program kerja yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu mahasiswa dilatih untuk membuat kepanitiaan dengan baik dan dapat berinteraksi dengan baik dengan orang-orang yang terlibat dalam kepanitiaan tersebut.

Penyampaian materi sesi pertama

Materi sesi satu dan dua dibawakan oleh Muhammad Arief Nugraha dan Muhammad Fikri Fahmi dengan tema Perumusan Gagasan Awal dan Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan. Pada sesi satu ini, pembicara menjelaskan bagaimana peserta dapat memahami kebutuhan lingkungan sekitar kita dan bagaimana kita mampu menemukan suatu program kerja yang sesuai dengan kondisi lingkungan serta bagimana peserta dapat menyusun jadwal dan bentuk kegiatan yang harus dilaksanakan secara sistematis demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Pada sesi dua, materi bertemakan Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan dan Teknik Pengendalian Motivasi, memberikan pemahaman kepada peserta bagaimana memahami suatu administrasi kegiatan dan keuangan serta, serta bagimana cara berkomunikasi dengan baik dengan sesama anggota unit kerja. Setelah sesi dua berakhir, peserta diajak bermain games Konseptor-Mediator-Eksekutor, nilai-nilai yang didapatkan dalam games ini adalah bagaimana kita dapat berpikir kreatif, mau mendengarkan orang lain dengan baik.

Vanya Oetomo (kanan) menjawab pertanyaan dari peserta acara

Sesi ketiga dibawakan oleh Vanya Oetomo, Miss Indonesia Sulawesi Tengah 2016. Dalam sesi ini yang bertemakan Perumusan Gagasan Awal dan Pengendalian Motivasi, Vanya Oetomo menceritakan pengalamannya mulai dari lingkungan kampus, mengajukan diri menjadi Miss Indonesia 2016 dan juga bagaimana dia mendapatkan ide untuk memulai bisnis yang dikelolanya sekarang yaitu creative pudding, serta bagaimana dia memotivasi diri sendiri untuk tetap pada bisnis yang dia jalani sekarang. Setelah sesi ketiga selesai, acara dilanjutkan dengan pendalaman sesi ketiga yaitu berupa latihan dimana peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok dan mereka diberikan tugas untuk membuat suatu program kerja dari masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar lalu setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan program kerja yang mereka buat.

Sesi dinamika kelompok
Kelompok peserta mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya

Semoga pelatihan yang diberikan memberikan pengetahuan serta membuka wawasan peserta terhadap berbagai keterampilan dasar dalam berorganisasi dan berinteraksi untuk menyelesaikan berbagai masalah di lingkungan sekitar.

Seluruh peserta dan narasumber berfoto bersama di akhir acara