Kurikulum

Dalam menyusun kurikulum, Visi dan Misi program studi Teknik Kimia menjadi dasar dan landasan bagi program studi Teknik Kimia untuk menyusun kurikulum yang baik sehingga dapat memenuhi kompetensi lulusan yang diharapkan.
Kurikulum telah disusun sesuai dengan Visi dan Misi program studi yakni menjadi komunitas akademik yang mengembangkan potensi lokal untuk diakui pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

Program studi menterjemahkan kemampuan untuk mengembangkan potensi lokal adalah melalui bidang keilmuan Teknik Kimia, mahasiswa memiliki kemampuan dan wawasan untuk dapat mengembangkan potensi sumber daya alam alam Indonesia melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat demi peningkatan martabat dan keutuhan alam ciptaan (sustainable). Pengembangan sumber daya alam Indonesia ini nantinya akan menjadi ciri khas dan dapat diakui pada tataran Internasional.

Oleh karena itu, lulusan program studi Teknik Kimia UNPAR harus memenuhi kompetensi utama yang dibutuhkan sebagai seorang sarjana Teknik Kimia dan juga kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya untuk dapat mencapai visi misi tersebut. Kompetensi-kompetensi ini diwujudkan melalui serangkaian mata kuliah yang disusun dengan muatan Kurikulum Inti (berdasarkan Kurikulum Nasional Teknik Kimia, APTEKINDO), dan muatan Kurikulum Institusional termasuk mata kuliah pilihan. Kelompok mata kuliah institusional ini disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas program studi Teknik Kimia UNPAR yang mendukung terwujudnya visi dan misi program studi.

Di dalam penyusunan Kurikulum, program studi Teknik Kimia memperhatikan dan mempertimbangkan aspek kekinian dan memiliki orientasi masa depan yang terwujud di dalam keseluruhan mata kuliah yang diberikan. Secara khusus, aspek kekinian dan orientasi akan kebutuhan masa depan Teknik Kimia juga diberikan lewat mata kuliah-mata kuliah pilihan. Melalui evaluasi kurikulum yang dilakukan secara berkala, kurikulum Teknik Kimia memiliki ruang untuk senantiasa menyesuaikan Kurikulum dengan kebutuhan stakeholders dan kebutuhan masa depan.

Kompetensi utama lulusan program studi Teknik Kimia UNPAR adalah sebagai berikut:
1. Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan teknik (engineering).
2. Kemampuan untuk merancang dan menjalankan penelitian serta menganalisis dan menginterpretasi data.
3. Kemampuan untuk merancang sistem proses atau produk kimia.
4. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam suatu tim yang bersifat inter dan multi disiplin.
5. Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah-masalah teknik.
6. Kemampuan untuk memanfaatkan teknik-teknik, keahlian-keahlian, teknologi informasi dan peralatan modern yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas-tugas profesionalnya.

Kompetensi pendukung lulusan program studi Teknik Kimia UNPAR adalah sebagai berikut:
1. Kemampuan untuk menggunakan Bahasa Inggris.
2. Pemahaman tentang tanggung jawab profesional dan etika.

Kompetensi lainnya lulusan program studi Teknik Kimia UNPAR adalah sebagai berikut:
1. Memiliki cakupan pengetahuan yang luas untuk dapat memahami perkembangan masyarakat dan dunia global.
2. Kesadaran akan pentingnya belajar seumur hidup dan kemampuan untuk menjalankannya secara terus-menerus.
3. Memiliki perilaku yang berintegritas tinggi, kepekaan terhadap lingkungan sosial, bersemangat dan berdaya juang tinggi.