Kurikulum S2

Bidang ilmu teknik kimia adalah bidang yang mempelajari proses untuk mengkonversi berbagai macam bahan baku menjadi aneka produk yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi. Secara umum hal ini mencakup:

  • Kemampuan rekayasa proses untuk menghasilkan proses yang inovatif, efisien, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.
  • Kemampuan rekayasa produk untuk menghasilkan produk yang inovatif dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks.

Seorang lulusan teknik kimia perlu memiliki wawasan dan pengetahuan yang baik dalam bidang teknik kimia serta berbagai ilmu yang relevan seperti matematika, fisika, kimia, mikrobiologi, material, safety, lingkungan, ekonomi, manajemen, dan lain sebagainya.

Program Studi Magister Teknik Kimia adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik kimia pada tingkatan Strata 2 (Magister). Konsentrasi yang ditawarkan dalam Program Studi Magister Teknik Kimia UNPAR meliputi:

  1. Konsentrasi Teknologi Pangan: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan berbagai pengetahuan yang relevan dalam industri pangan sehingga yang bersangkutan dapat melakukan pengembangan melalui kegiatan riset dan inovasi berdasarkan ilmu teknik kimia yang ia miliki untuk menghadirkan proses maupun produk yang inovatif yang dapat menjawab kebutuhan dunia industri dan masyarakat luas.
  2. Konsentrasi Manajemen Teknologi Proses: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan kemampuan teknis dan manajerial sehingga mampu menghadirkan pengembangan dan terobosan-terobosan baru melalui pendekatan inter/multi disiplin untuk menjawab tantangan dunia industri yang semakin kompleks. Selain itu, lulusan juga diperlengkapi dengan kemampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang technopreneur yang baik.
  3. Konsentrasi Rekayasa Proses: untuk memperlengkapi mahasiswa dengan kemampuan untuk mengembangkan (memodifikasi, mengintegrasi, dan mengoptimasi) proses  yang sudah ada maupun menghadirkan proses-proses baru yang inovatif, efisien, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.

Dengan demikian, lulusan Program Studi Magister Teknik Kimia UNPAR selain memiliki kemampuan dasar seperti mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, dan menyelesaikan masalah, diharapkan juga memiliki kemampuan mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multi disiplin serta kegiatan inovasi yang teruji untuk menjawab tantangan dunia modern yang semakin kompleks.