Kuliah Lapangan Pengelolaan Limbah Industri ke PT Putera Mulia Terang Indah

Pada tanggal 4 dan 11 November 2017, telah diselenggarakan kuliah lapangan ke PT Putera Mulya Terang Indah (PT PMTI), yang terletak di Jalan Rancajigang No. 200 Majalaya Kabupaten Bandung. Kuliah lapangan ini dilaksanakan sebagai bagian dari mata kuliah ICE 311 Pengolahan Limbah Industri, di mana diharapkan mahasiswa dapat melihat secara langsung dan mendapatkan wawasan mengenai penerapan metode pengolahan limbah pada industri.

PT PMTI merupakan perusahaan yang telah bergerak di bidang produksi tekstil selama 19 tahun dengan kapasitas produksi mencapai 2 juta yard per bulan. Komitmen dari PT PMTI dalam hal kualitas produk telah membawa PT PMTI mencapai sertifikasi SGS untuk Quality Management System ISO 9001:2000 di bulan September 2004 dan dalam hal lingkungan ditunjukkan dengan diimplementasikannya Environmental Management System, ISO 14001:2004. Saat ini PT PMTI merupakan salah satu perusahaan tekstil yang menjadi role model untuk industri tekstil di Jawa Barat

Kegiatan kunjungan tersebut diawali dari presentasi singkat dalam ruangan  mengenai PT PMTI, visi, misi, proses dan pengolahan limbah. Selanjutnya rombongan melakukan tur lapangan, dimulai dari bagian proses pencelupan lalu ke unit boiler dan WWTP. Sebagai bagian dari komitmen PT PMTI terhadap lingkungan, maka PT PMTI memiliki laboratorium batu bara sendiri yang melakukan analisis baik terhadap nilai kalor maupun emisi gas buangan dari cerobong pabrik. Sedangkan sebagai komitmen dalam pengolahan limbah cair, PT PMTI telah melakukan investasi untuk menerapkan sistem pengolahan limbah secara biologis, kimia dan fisika sehingga hasil keluaran dari limbah cair dari PT PMTI memenuhi standar baku mutu limbah cair yang seharusnya.

Selain itu rombongan dari Prodi Teknik Kimia UNPAR berkesempatan untuk bertemu dengan Bpk. Drs. Mulyadi, pemilik dari PT PMTI dan Multi Star Rukun Abadi (Sharon Bakery), yang merupakan alumni dari Prodi Manajemen UNPAR. Bpk. Drs. Mulyadi juga kemudian mengajak rombongan untuk melihat proses pembuatan roti Sharon, selain mencicipi produk-produk terbaru dari roti Sharon.

Salah satu sesi di Pabrik Roti Sharon