DISCOVER 2019: Inovasi Produk Non-Pangan dari Limbah Organik

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bersama Jurusan Teknik Kimia UNPAR kembali mengadakan kegiatan DISCOVER (Dig Into Science Novelty Expo and Tour) 2019 yang mengawali rangkaian kegiatan Parahyangan Chemical Engineering’s Event (PCE) 2019. Kegiatan tersebut diadakan pada Senin, 11 Februari 2019 ydi Operational Room Gedung Rektorat Lantai 4, Plaza PPAG, dan Gedung 8. DISCOVER terdiri dari rangkaian acara seminar pengenalan teknik kimia, lomba karya tulis ilmiah, Science EXPO, dan tour lab, selain juga beberapa stand games dan bazaar yang turut memeriahkan acara.

Tahun ini tema yang diangkat untuk lomba karya tulis ilmiah dan produk yaitu “Produk Non-Food Berbasis Limbah Organik” dengan sub-tema “Pengelolaan Limbah Pangan Menjadi Inovasi Produk Non-Food Fast Moving Consumer Goods.” Lomba ini diikuti oleh berbagai sekolah di Bandung dan di luar Bandung seperti Jakarta, Pontianak, Temanggung, dan sebagainya.

Dari puluhan abstrak yang diterima, diputuskan 20 tim melanjutkan ke tahap seleksi makalah. Pada akhirnya, terdapat 11 tim yang melanjutkan ke tahap final. Pada babak final ini, tim siswa/i mempresentasikan makalah dan produk yang dibuatnya di hadapan dewan juri, selain juga memamerkan konsep dan produk rancangan dalam kegiatan expo.

Juara pertama dimenangkan oleh SMAK 3 BPK Penabur Bandung dengan judul “Kekuang Produk Pengolahan Sampah Dapur dan Pasar.” Disusul Juara ke-2 dan ke-3, yaitu SMAN 1 Tambun Selatan dengan judul, “Pemanfaatan Kulit Buah Nanas (Ananans comosus L.) sebagai Antibakteri Propionibacterium acnes dalam bentuk Sheet Mask bagi Penderita Akne Vulgaris (AV)”; dan SMKN 1 Temanggung dengan judul, “G-Bio Ankuko, Allternatif Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Sebagai Upaya Optimalisasi Keunggulan Pertanian Lokal di Temanggung.” . Juara Favorit dimenangkan oleh SMAK 3 BPK Penabur Bandung berdasarkan voting terbanyak. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai, sertifikat, trophy, dan beasiswa jika melanjutkan studi di Program Studi Sarjana Teknik Kimia UNPAR.

Melalui acara ini, siswa-siswi diajak untuk ikut berpikir kritis dalam mencari solusi terhadap masalah-masalah global yang saat ini sedang terjadi. Harapannya, DISCOVER dapat menjadi wadah bagi siswa-siswi SMA se-Indonesia dalam memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif dengan menciptakan produk-produk yang berguna bagi kehidupan masyarakat kedepannya.

Juara ke-1 dan Favorit ( SMAK 3 BPK Penabur Bandung )
Juara ke-2 ( SMAN 1 Tambun Selatan )
Juara ke-3 ( SMKN 1 Temanggung )