CONCEPT 2019: Perancangan Produk Kimia dari Limbah

Himpunan Mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Kimia (HMPSTK) UNPAR bekerja sama dengan Jurusan Teknik Kimia UNPAR kembali menggelar lombar rancangan produk mahasiswa tingkat nasional. Acara yang bertajuk CONCEPT (Come and Innovate in Chemical Engineering Phenomenal Competition) 2019 merupakan bagian dari rangkaian acara Parahyangan Chemical Event (PCE) 2019 dengan babak final yang diadakan pada tanggal 30 Maret 2019 di HARRIS Hotel & Convention Ciumbuleuit Bandung . Pada tahun ini, CONCEPT 2019 mengangkat tema “Pembuatan Produk Kimia Non Pangan Berbasis Limbah Baik Organik Maupun Anorganik”.

Antusiasme yang tinggi diperlihatkan tim mahasiswa/i Prodi S1/D4 Teknik Kimia seluruh Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan terkumpulnya 30 abstrak yang diseleksi oleh dewan juri pada November 2018 yang lalu. Dari hasil penilaian, sebanyak 9 tim lolos menuju babak final dan berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka. Terdapat 2 tim perwakilan Universitas Indonesia (UI), 4 tim perwakilan Universitas Gadjah Mada (UGM) , dan masing-masing 1 tim perwakilan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Politeknik Bandung (POLBAN), dan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM AKAMIGAS) yang hadir sebagai finalis.

Penyampaian materi oleh Bpk. Guntur Widyatama, S.T. (P.T. Lautan Luas)

Pada babak final yang diadakan tanggal 30 Maret 2019, kegiatan tidak hanya diisi dengan presentasi peserta, tetapi diawali dengan seminar dibawakan oleh Bpk. Guntur Widyatama, S.T. dari PT Lautan Luas yang membawakan topik “Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Organik dan Anorganik”, serta Ibu Dr. Judy Retti B. Witono, Ir., M.App.Sc. (Teknik Kimia UNPAR) turut memberikan seminar yang berjudul “Green Chemistry Untuk Dunia Yang Lebih Baik”. Seminar yang diberikan diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa peserta lomba terkait potensi pemanfaatan limbah, serta berbagai teknologi pengolahan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip green chemistry.

Sesi seminar oleh Dr. Judy Retti Witono (UNPAR)

Setelah sesi seminar, seluruh peserta mempresentasikan hasil produk rancangannya di hadapan 3 orang juri, yaitu: Bpk Guntur Widyatama, S.T. (P.T. Lautan Luas), Bpk Ir. Boi P Sormin (Senior Process Engineer), dan Bpk Dr. Ir. I Gede Arsa Putrawan, M.T. (Teknik Kimia ITB). Rangkaian acara ditutup dengan gala dinner dan pengumuman pemenang. Juara 1 CONCEPT 2019 diraih oleh tim PEM AKAMIGAS dengan judul makalah “Bioco”, tim Universitas Indonesia dengan judul makalah “Go-Rila” sebagai juara 2, tim Universitas Gadjah Mada dengan judul makalah “Seawotfilm” sebagai juara 3, dan tim Universitas Indonesia dengan judul makalah “Bioetanol” sebagai juara favorit.

Sesi presentasi

Selamat atas prestasi yang diraih, semoga ide-ide yang dicetuskan dapat diterapkan secara riil dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Sampai bertemu di CONCEPT 2020!

 

Seluruh finalis berfoto bersama dewan juri pada saat gala dinner