Community Development 2019

Community Development adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Divisi Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk membantu meningkatkan potensi sumber daya desa, baik sumber daya alam dan sumber daya manusianya juga menumbuhkan kesadaran warga desa untuk tetap berusaha dalam meningkatkan taraf hidup mereka, serta untuk menyalurkan rasa sosial dan peduli mahasiswa Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan terhadap sesama. 

Kegiatan Community Development berlangsung di Desa Jayagiri Kp. Gunung Putri Lembang. Pada periode ini kegiatan berlangsung dari 1 September 2019 – 24 November 2019 yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan total volunteer sebanyak 34 mahasiswa.

Salah satu kegiatan yang dilakukan secara rutin adalah mengajar anak-anak. Anak-anak dibagi menurut kelas mereka dan mendapat bimbingan belajar dengan menggunakan bahan pelajaran yang telah disiapkan panitia sebelumnya. Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, kegiatan rutin berikutnya adalah science expo dimana kami memberikan eksperimen yang mudah kepada anak-anak. Kegiatan science expo bervariasi pada setiap kunjungan. Kegiatan interaksi dengan masyarakat desa juga dilakukan oleh divisi hubungan masyarakat bersamaan dengan kegiatan belajar mengajar dilakukan, sehingga waktu untuk berinteraksi dengan warga lebih banyak. Kegiatan interaksi ini bertujuan untuk mengenal warga desa dan memahami kondisi sosial dan ekonomi mereka. Melalui kegiatan interaksi ini diharapkan panitia dapat menemukan hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat Teknik Kimia untuk membantu mengembangkan potensi desa.Selain kegiatan rutin belajar mengajar dan science expo, Community Development juga mengadakan kegiatan yang berbeda dari waktu ke waktu seperti kegiatan senam bersama ibu-ibu dan menonton film. Sedangkan dalam rangka memperingati hari pahlawan, pada salah satu kunjungan terdapat tambahan kegiatan seperti menyanyikan lagu kebangsaan dan menceritakan peristiwa Bandung Lautan Api secara interaktif kepada anak-anak.